Prodi Akuntansi UNAIR Banyuwangi Tingkatkan Publikasi Melalui Artikel Pengmas

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh pesantren tahfidz

UNAIR NEWS – Publikasi merupakan salah satu unsur penting bagi reputasi kampus baik dalam skala nasional maupun internasional. Melalui publikasi dosen atau mahasiswa dapat memberi nilai tambah bagi akreditasi kampus dan merupakan salah satu poin penting terhadap berbagai jenis perankingan kampus. Publikasi juga berpeluang menciptakan kolaborasi antar kampus terkait topik yang akan dipublikasikan, dan tentu saja citra kampus semakin positif di masyarakat luas.

Anak Agung Gde Satia Utama, salah satu dosen PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi, menjelaskan bahwa, semua aktivitas ilmiah dapat dijadikan tulisan. Dosen yang kini menempuh study S3 tersebut juga menjelaskan, bahwa sekarang banyak bermunculan jurnal ilmiah terkait pengabdian masyarakat, sehingga hal itu menjadi salah satu peluang untuk meningkatkan publikasi melalui artikel pengabdian masyarakat.

“Berbagai macam aktivitas ilmiah dapat dijadikan tulisan, sepanjang sesuai dengan scope, fokus serta sasaran tulisan ilmiah tersebut diciptakan. Saat ini kemunculan jurnal jurnal ilmiah berbasis Pengmas semakin meningkat, bahkan yang level internasional juga sudah ada. Tentu saja ini adalah peluang yang harus dimanfaatkan,” ujar mantan KPS Akuntansi Kampus Banyuwangi tersebut.

Agung juga menceritakan, untuk Prodi Akuntansi PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi sendiri sudah memiliki publikasi empat  artikel pengmas di jurnal nasional, dan satu di proseding internasional. Artikel tersebut merupakan hasil kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Perkembangan terakhir, baru saja terbit artikel berbasis Pengmas di jurnal pengabdian masyarakat milik PKN STAN.

“Akuntansi Banyuwangi, sudah punya empat artikel yang dipublikasikan dalam jurnal nasional, serta satu yang publis dalam proseding Internasional (WOMELA GG) 2019,” imbuh Agung.

Selanjutnya, Agung juga menambahkan bahwa diakhir tahun ini, masih sedang dalam proses untuk publikasi dua artikel pengabdian masyarakat. Kedua artikel tersebut diharapkan bisa terbit diawal tahun 2020 mendatang.

“ Masih proses untuk 2 artikel pengmas selanjutnya, semoga bisa terbit diawal 2020,” pungkas Agung.(*)

Penulis: Dian Pratama

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu