Kaji Perilaku Pro-Lingkungan pada Penggunaan Tas Belanja sebagai Pengganti Plastik, Nidia Amalia Jadi Wisudawan Berprestasi Fakultas Psikologi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Feri Fenoria Rifa'i

UNAIR NEWS – Permasalahan plastik masih menjadi persoalan yang cukup krusial bagi Indonesia. Tingginya penggunaan plastik yang diketahui sulit terurai oleh masyarakat dapat mengancam kerusakan lingkungan. Melihat hal itu, Nidia Amalia, salah satu wisudawan berprestasi Universitas Airlangga (UNAIR) periode Desember 2019 tertarik untuk mengkaji perilaku pro-lingkungan yang spesifik terhadap penggunaan tas belanja sebagai alternatif kantong plastik pada ibu rumah tangga di Surabaya.

“Saya memang tertarik dengan isu-isu sosial, terutama lingkungan. Berhubung yang melakukan kegiatan itu adalah manusia, maka disini saya mencoba mengkajinya dari sudut pandang psikologi,” jelasnya.

“Pengaruh Sikap terhadap Penggunaan Tas Belanja sebagai Alternatif Kantong Plastik, Norma Subjektif, dan Persepsi Kontrol Perilaku pada Kecenderungan Penggunaan Tas Belanja sebagai Alternatif Kantong Plastik” dipilihnya menjadi judul skripsi. Mahasiswi kelahiran Surabaya, 24 Oktober 1996 itu mengungkapkan bahwa dalam skripsinya dia menganalisis faktor-faktor apa saja yang signifikan mempengaruhi kecenderungan untuk mneggunakan tas belanja menggunakan theory of planned behavior.

Selama empat tahun belajar sebagai mahasiswa Psikologi di UNAIR, Nidia, sapaan akrabnya telah menorehkan sejumlah prestasi. Di antaranya yaitu Juara 1 Lomba Debat Psy-On tahun 2016, Best Speaker dalam Lomba Debat Psy-On tahun 2016, dan Finalis Sebelas Maret Statistics Writing Competition pada 2018.

Mahasiswa asli Surabaya itu juga aktif dalam berorganisasi. Tercatat dia pernah menjadi anggota Departemen Humas dan Media SKI Fakultas Psikologi tahun 2016-2017, anggota Departemen Kajian Isu Strategis BEM KM Fakultas Psikologi tahun 2017-2018, dan BSO Debat Psikologi.

“Terkadang saya merasa capek dan malas, namun karena rasa ingin tahu yang besar dan memang saja menyukai bidang saya tekuni, saya tetap termotivasi untuk kembali fokus lagi,” ceritanya.

Selama masa kuliah, mahasiswa yang lulus dengan IPK 3,71 itu menceritakan bahwa dia menjalani magang sebagai content writer blog di Riliv yang membahas tentang psikologi. Usai lulus nanti, mahasiswa yang juga hobi menggambar itu berencana akan meneruskan untuk mencari pekerjaan di bidang content writer.

“Setelah magang kemaren aku baru menyadari bahwa itulah bidang aku sukai,” pungkasnya.

Penulis: Nikmatus Sholikhah

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu