Catatan Empat Tahun UNAIR NEWS dan Jurnalisme Kampus

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Feri Fenoria Rifa'i

Pers yang disebut-sebut sebagai pilar keempat demokrasi dalam perkembangannya telah menggandakan peran sebagai kontrol sosial dan pendidikan. Jurnalisme kini bukan lagi eksklusifitas wartawan dan pabrik media. Lebih jauh, jurnalisme hadir di tengah-tengah perguruan tinggi sebagai mercusuar informasi dan media edukasi.

Era digital memang telah memengaruhi praktik jurnalisme dalam berbagai hal. Sebagaimana dikatakan oleh Pram, kepengarangan yang memiliki faal sosial pada gilirannya harus pula bersambung dengan pers yang progresif. Dunia kepenulisan semacam pers atau jurnalistik memerlukan dinamika yang adaptif terhadap perkembangan zaman. Lahirnya media online seolah menjawab asumsi awal tentang proses produksi dan distribusi informasi sejak kemajuan teknologi informasi. Internet sebagai modal utama media online telah menjadikan penyebaran informasi lebih cepat, transparan, menjangkau pembaca lebih luas, serta memberikan ruang interaksi serta kolaborasi antar pembaca maupun antar media.

Di tengah perkembangan media, arus pemberitaan yang cepat dan akurat dibutuhkan semakin dibutuhkan, termasuk dalam pers internal kampus. Berangkat dari fakta tersebut, Pusat Informasi dan Humas (PIH) Universitas Airlangga (UNAIR) di bawah kepemimpinan Dr. Suko Widodo, M.Si., berinisiatif untuk menciptakan wajah baru media pemberitaan kampus. UNAIR yang sebelumnya menerbitkan surat kabar cetak secara berkala kemudian bertransformasi mengelola portal berita online yang kini dikenal dengan nama UNAIR NEWS.

Tanggal 30 Desember 2015 menjadi titik awal UNAIR NEWS menorehkan jejak digital. UNAIR NEWS menjadi portal berita dalam jaringan pertama di Indonesia yang dimiliki oleh instansi pendidikan tinggi. Empat tahun berselang UNAIR NEWS tumbuh menjadi portal berita yang tak hanya berhasil memenuhi kebutuhan informasi namun juga menuai berbagai prestasi. Tentu tak mudah bagi media baru seperti UNAIR NEWS mewujudkan mimpi besar yang bertahun lalu hanya menjadi catatan dapur redaksi.

Namun UNAIR NEWS membuktikan bahwa keteguhan komitmen dan kerja keras seluruh komponen sukses membawa namanya menapaki satu persatu tangga pencapaian. Pada November lalu UNAIR NEWS berhasil menyabet dua penghargaan bergengsi dari QS Apple Creative Award 2019 di Fukuoka Jepang. Pertama, Silver Award untuk Most Creative Corporate Institution Video. Kedua, sebagai The Top Contributor WOWNEWS, untuk perguruan tinggi dengan produksi berita pendidikan terbanyak. UNAIR berhasil menyingkirkan 70 kampus dari negara Asia Pasifik.

Prestasi membanggakan tersebut sekaligus menjadi hadiah menjelang ulang tahun UNAIR NEWS di pengujung 2019. Kiprah UNAIR NEWS sebagai media kampus tak berhenti sampai di situ. Di tahun kedua dan ketiga, Unair News mulai menggandeng mahasiswa untuk terlibat langsung dalam proses penulisan berita. Melalui Sekolah Jurnalistik, UNAIR NEWS memberikan edukasi dan materi seputar kepenulisan dan fotografi jurnalistik. Program Sekolah Jurnalistik bertujuan untuk mencari bibit-bibit jurnalis muda yang kemudian direkrut sebagai kontributor penulis berita.

Tak sekadar untuk mendongkrak jumlah tulisan pada portal berita, lebih dari itu Unair News memberi bekal dasar jurnalistik agar mahasiswa dapat mengembangkan diri di bidang kepenulisan. Rasanya tak berlebihan jika UNAIR NEWS dikatakan sebagai kawah candradimuka bagi para kontributor. Kontributor dapat mengasah dan membudayakan aktifitas menulis melalui bimbingan para redaktur.

Selain itu, UNAIR NEWS juga berperan sebagai media literasi. Peran tersebut bertujuan menjadikan jurnalisme kampus sebagai sarana mengedukasi mahasiswa dan masyarakat. Sebab, UNAIR NEWS merupakan jenis jurnalisme positif, di mana informasi atau berita yang disajikan harus bersifat edukatif dan inspiratif.

Kini, UNAIR NEWS menjadi harapan besar UNAIR untuk membangun iklim jurnalisme di lingkungan kampus. Organisasi kemahasiswaan semisal himpunan mahasiswa, BEM, BSO, hingga UKM kian tertarik untuk menghidupkan kegiatan jurnalistik di internal organisasi. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya undangan dan permintaan mahasiswa kepada UNAIR NEWS untuk memberikan materi jurnalistik. Bahkan beberapa fakultas di UNAIR mulai memperhatikan pengelolaan portal berita dan mengadaptasi metode kepenulisan yang diterapkan Unair News.

Hari ini, portal berita kebanggaan UNAIR itu genap berusia empat tahun. Dari sekian prestasi yang telah ditorehkan di usianya yang masih sangat muda, tentu banyak harapan dan cita-cita besar lain yang ingin diwujudkan. Selamat ulang tahun UNAIR NEWS, dan selamat merayakan syukur dan suka cita bagi siapapun yang turut serta merawat dan membesarkan namanya. Semoga selalu menjadi portal berita kampus terdepan yang menyajikan berita-berita cerdas, teraktual, dan berkualitas.

Penulis: Zanna Afia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu