PKL Mahasiswa FKM UNAIR Banyuwangi PKL Sasar 4 Desa di Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana penerimaan tim PKL FKM UNAIR Banyuwangi di Kecamatan Licin Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu kegiatan untuk mengimplementasikan ilmu serta mengaplikasikan secara langsung di masyarakat. Kegiatan PKL mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat yang dilaksanakan mulai dari kamis (26/12) sampai dengan jumat (31/1) di 4 Desa yang ada di kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan PKL dilaksanakan kurang lebih selama 35 hari di desa  Kluncing, Pakel, Jelun, dan Gumuk Kecamatan Licin. Pemberangkatan sekaligus pembukaan Praktik Kerja Lapangan diadakan di Kecamatan Licin oleh Sekretaris Kecamatan dan di hadiri oleh Kepala Desa, perwakilan dari Puskesmas Licin,  beserta dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga.

Dalam penyampaian sambutannya, sekretaris Kecamatan Licin  menyampaikan harapannya melalui kegiatan PKL, yakni dapat menyelesaikan masalah kesehatan yang ada, serta dapat menciptakan inovasi baru untuk merubah perilaku masyarakat agar lebih peduli kesehatan secara mandiri. Tidak hanya itu, ia juga berharap program dari PKL dapat berkesinambungan dan diterapkan oleh masyarakat yang ada di beberapa desa di Kecamatan Licin.

Ditemui oleh UNAIR NEWS  Amira Dhisa Fakhira yang merupakan salah satu mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat menjelaskan, PKL merupakan kegiatan pengimplementasian ilmu yang didapatkan selama perkuliahan kepada masyarakat secara langsung.

“PKL merupakan suatu kegiatan yang sangat penting, selain teori yang didapat pada saat kuliah  pastinya kita harus melakukan praktik lapangan agar kita (mahasiswa) mengetahui keadaan yang sebernanya terjadi di masyarakat,” jelasnya.

Tujuan dari PKL yang di laksanakan oleh mahasiswa di beberapa desa yang ada di kecamatan licin, sambungnya, tentu ingin menciptakan suatu program untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan yang ada.

“Ada Beberapa tahap kegiatan yang akan kami lakukan selama PKL, tahap pertama   yaitu mengenalisis beberapa permasalahan kesehatan yang ada dimasyarakat dengan melaksanakan Indepth Interview dengan tokoh masyarakat dan stakeholder kemudian tahap selanjutnya menentukan prioritas masalah , kemudian menentukan alternatif solusi dan penyusunan POA, dan tahap yang terakhir yaitu melakukan monitoring serta evaluasi,” tuturnya.

Ia juga berharap setelah mengikuti kegiatan PKL, mahasiswa bisa mendapatkan ilmu baru dan selama pelaksanaan PKL dapat bermanfaat bagi masyarakat yang ada di desa serta memberikan perubahan yang positif untuk desa khusus nya dalam bidang kesehatan.

Penulis: Desi Natalia

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu