Student Day FPK UNAIR Lepas Ratusan Mahasiswa Ikuti PKL Sekaligus Resmikan Aplikasi APIK

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
KOORDINATOR staf Dekanat, Ir. Agustono M.Kes menyambut pelepasan PKL mahasiswa FPK dalam acara Student Day 2019. (Foto : Panitia)

UNAIR NEWS – Berbagai problematika serta tantangan banyak terlewati. Tidak terasa, mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga sudah menempuh semester ganjil, terutama untuk mahasiswa FPK UNAIR yang tengah mempersiapkan Praktik Kerja Lapang (PKL). Untuk melepas penat di akhir tahun 2019, FPK UNAIR menggelar Student Day 2019 untuk Civitas Akademika FPK UNAIR.

Kegiatan yang bertempat di Lapangan FPK UNAIR itu merupakan titik momentum penting bagi mahasiswa FPK UNAIR yang sedang menempuh PKL di tahun ini dan juga mahasiswa FPK untuk melepas penat dari segala aktivitas akademik di semester ganjil.

Acara yang berlangsung pada Jumat (20/12/2019) itu menekankan pada tiga rangkaian kegiatan. Yaitu peluncuran aplikasi terbaru buatan FPK yaitu APIK, pelepasan mahasiswa PKL, dan penutupan 8 FPK 2019.

Sebanyak 252 mahasiswa FPK yang akan melaksanakan PKL itu sebanyak 166 mahasiswa berasal dari Program Studi Akuakultur dan 86 mahasiswa dari Program Studi Teknologi Hasil Perikanan. Lokasi PKL rata-rata berada di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali, NTT, dan NTB. FPK UNAIR juga mengirimkan mahasiswanya ke luar negeri untuk PKL. Negara yang dituju adalah Malaysia dan Thailand.

Peluncuran Aplikasi

Dalam Student Day 2019 kali ini, selain pelepasan mahasiswa PKL, juga terdapat peluncuran aplikasi terobosan dari SBAK FPK, yaitu APIK (Aplikasi Akademik Perikanan dan Kelautan) dengan seremonial menerbangkan balon. Pelepasan balon tersebut dikawal oleh Ir. Agustono M.Kes sebagai Koordinator Staf Dekanat dan Arya Adi Budiman, S. Kom selaku Kasubbag Akademik.

Saat ini, Aplikasi yang nantinya bermanfaat untuk menunjang kegiatan akademik di FPK itu akan terus dikembangkan. “Aplikasi ini akan memudahkan mahasiswa dalam segala aspek kegiatan yang berkaitan akademik,” ujar Agustono.

Kepada mahasiswa angkatan 2017 yang akan melaksanakan PKL ia berharap agar membawa perubahan dan terjadi perbedaan yang signifikan dari awal mahasiswa baru.

Kemeriahan Student Day 2019 juga diwarnai dengan hiburan yang dimainkan oleh mahasiswa FPK, seperti band musik Kosmik, Seringai, penampilan Stand Up Commedy, serta beragam games.

Ditemui di sela kegiatan, Muhammad Thoriq selaku Ketua Student Day 2019 mengungkapkan bahwa acara Student Day merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa FPK untuk berkreasi dan berkarya. Ia juga memberikan semangat kepada mahasiswa baru 2019 dan mahasiswa yang akan mengikuti PKL. (*)

Penulis : R. Dimar Herfano Akbar

Editor   : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu