Sertijab UKM Pramuka Wujudkan Tantangan Jadi Inovasi Baru

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Iwan Wahyu Widayat., M.Psi., Psikologi (kanan) dan Dr. Dewi Retno Suminar., M.Si., Psikologi (kiri) saat melantik Dewan Racana UKM Pramuka di Kantor Manajemen Kampus C UNAIR Lantai 1 pada tanggal 20 Desember 2019. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka merupakan salah satu UKM tertua yang ada di Universitas Airlangga (UNAIR). UKM Pramuka telah berusia 33 tahun dan terus tetap eksis hingga saat ini.

Untuk menjaga keeksisannya, pada Jum’at (20/12/13) bertempat di Gedung Kantor Manajemen UNAIR Kampus C lantai 1, UKM Pramuka menyelenggarakan serah terima jabatan (sertijab) sekaligus pelantikan Dewan Racana Galuh Candra Kirana dan Airlangga.

Pelantikan serta sertijab dipimpin langsung oleh Ketua Gugus Depan UKM Pramuka Iwan Wahyu Widayat., M.Psi., Psikologi dan Dr. Dewi Retno Suminar., M.Si., Psikologi dengan membacakan trisatya pramuka di depan 13 Dewan Racana. Kemudian, dilanjutkan dengan prosesi penyucian dan penandatanganan sertijab dari kepengurusan periode 2019 kepada kepengurusan periode 2020.

Sertijab ditandai dengan pelepasan tanda jabatan dari ketua UKM Pramuka 2019, Mohamad Nur Setyo mahasiswa FISIP angkatan 2016, kepada ketua UKM Pramuka 2020 terpilih yakni Sayidatur Rohmah mahasiswi FKH angkatan 2017 sebagai Ketua Dewan Racana Galuh Candra Kirana, dan Ardiana Ilham Nur Rohman mahasiswa FST angkatan 2017 sebagai Ketua Dewan Racana Airlangga.

“Kekurangan periode sebelumnya diharapkan menjadi evaluasi untuk Dewan Racana selanjutnya, dan harapannya untuk ketua Dewan Racana 2020 untuk terus berinovasi. Jangan jadikan kegiatan sebelumnya menjadi sebuah patokan. Itu adalah sebuah tantangan untuk berinovasi ke depannya,” ujar Nur Setyo sebagai ketua UKM Pramuka 2019.

Upacara pelantikan dan sertijab berjalan dengan khidmat dengan diikuti oleh seluruh komponen yang hadir, mulai dari koordinator UKM UNAIR, anggota UKM Pramuka, hingga UKM Pramuka dari perguruan tinggi lain seperti Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Al-Hikmah Surabaya.

Sebagai ketua baru, Sayi dan Ilham mengungkapkan bahwa mereka siap untuk memberikan inovasi-inovasi terbaru dan mengembangkan banyak hal sesuai dengan tantangan zaman, sehingga UKM Pramuka tetap eksisdan tidak dianggap kuno.

“Kita akan selalu berinovasi untuk bagaimana tetap bertahan di tengah tantangan yang semakin sulit, serta untuk tetap eksis kita akan melakukan publikasi terhadap UKM Pramuka untuk taraf universitas,” ujar Ilham.

Selain itu, Sayi dan Ilham menuturkan, ke depan UKM Pramuka telah memiliki proker unggulan yang akan dilaksanakan, seperti, Latihan Gabungan Empat Peti yang diikuti oleh UGM, Undip, ITS, dan UNAIR, serta Lomba Tegak Tangguh yang ditujukan untuk siswa-siswi SMA sederajat.

“Pramuka tetap menjadi keluarga kami, dan organisasi tempat kami berkembang serta berdinamika, mengikhlaskan bakti serta dan akan terus berguna bagi nusa, bangsa, dan almamater tercinta,” tutup Sayi. (*)

Penulis: Febrian Tito Zakaria Muchtar

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu