Pemanfaatan Tandan Kosong Limbah Utama Kelapa Sawit Sebagai Energi Terbarukan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Artikel Ilmiah oleh Feri Fenoria

UNAIR NEWS – Kelapa sawit diketahui berperan dalam pembangunan ekonomi, sosial, dan lingkungan di Indonesia. Dalam proses pengolahan kelapa sawit sendiri tentu akan meninggalkan limbah kelapa sawit. Salah satu residu utama dari kelapa sawit adalah “Tandan Buah Sawit Kosong”. Tandan Buah Sawit kosong mrupakan limbah padat yang memiliki massa 21% dari total massa minyak sawit buah. Tandan buah sawit kosong umumnya hanya menjadi limbah atau selanjutnya digunakan sebagai pupuk organik di perkebunan kelapa sawit.

Intan Ayu Pratiwi, Dosen Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UNAIR mengatakan komposisi tandan buah sawit kosong memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi seperti Ca, Fe, Na, K, dan P. Kandungan abu yang tinggi dalam biomassa tandan buah sawit kosong dapat menimbulkan reaksi sekunder pada proses termokimia.

Termokimia merupakan ilmu yang mempelajari reaksi kimia dan perubahan energi yang terlibat. Hal itu berakibat tandan buah sawit kosong kurang diminati dalam penggunaannya sebagai bahan bakar. Dikarenakan penggunaannya membutuhkan teknologi tinggi sebagai bahan bakar dari boiler.

“Berdasarkan data statistik, potensi biomassa tandan buah kosong sawit dari tahun 2013 hingga 2015 masing-masing adalah 126,63 GW, 133,45 GW, dan 141,62 GW. Hasil tersebut menunjukkan potensi besar yang dimiliki sebagai bahan bakar boiler. Kajian tentang logam berat juga telah dilakukan karena hal ini berhubungan dengan efek pembakaran pada ketel,” tuturnya.

Ia melanjutkan produksi minyak sawit yang lebih tinggi memiliki manfaat lain untuk pembangkit listrik dari tandan buah sawit kosong. Potensi ini dapat digunakan sebagai pemanfaatan produk sisa dari pabrik kelapa sawit.

 Sifat-sifat tandan buah sawit kosong memiliki potensi produksi panas yang cukup baik ditinjau dari keberadaan serat atau cangkang sebagai bahan bakar boiler. Terlepas dari nilai kalori yang ditunjukkan oleh tandan buah sawit kosong hampir sama dengan serat untuk beberapa kondisi limbah. Namun dampak yang terjadi selama pembakaran untuk boiler cukup berpotensi. Tandan buah sawit kosong dapat digunakan sebagai bahan bakar boiler karena ketersediaan yang cukup besar di Indonesia dengan nilai pembakaran kalori yang lebih tinggi.

“Masalah lain yang perlu dikaji adalah komposisi logam alkali yang membuat efek pembakaran yang buruk seperti endapan abu yang dihasilkan dari pembakaran tandan buah sawit kosong,” pungkasnya.

Penulis: Tunjung Senja Widuri

Editor: Khefti Al Mawalia

Link: http://www.envirobiotechjournals.com/article_abstract.php?aid=9478&iid=271&jid=3

Intan Ayu Pratiwi and Helmi Dadang Ardiansyah. 2019. A Study of EFB (Empty Fruit Bunch) for Fuel of Indonesian Biomass Boiler. Ecology, Environment and Conservation Paper Vol 25, April Suppl. Issue, Page No.(86-89).

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu