Dosen UNAIR Teliti Efektifitas Perpustakaan sebagai Ruang Edukasi Anak Jalanan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Artikel Ilmiah oleh Feri Fenoria

UNAIR NEWS – Keberadaan anak jalanan menjadi salah satu fenomena yang kerap dijumpai di lingkungan perkotaan. Jumlah anak jalanan di Indonesia diperkirakan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sebagai kota metropolitan, Surabaya menjadi salah satu lahan subur pertumbuhan anak jalanan akibat urbanisasi dan kemiskinan.

Pemerintah melalui dinas sosial memberi perhatian khusus terkait fenomena anak jalanan. Salah satunya melalui pemberian ruang edukasi melalui perpustakaan. Sebagaimana yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Surabaya yang mendirikan Unit Pelaksana Teknis Dinas Daerah (UPTD) ‘Kampung Anak Negeri’ sebagai perpustakaan khusus bagi anak jalanan.

UPTD ‘Kampung Anak Negeri’ menjadi wadah bagi anak jalanan di Surabaya yang rata-rata di usia wajib sekolah untuk berkembang dan memenuhi kewajiban belajar sebagai siswa.  Perpustakaan UPTD ‘Kampung Anak Negeri’ bertujuan membantu anak-anak jalanan memenuhi kebutuhan bahan bacaan sesuai perkembangan usia serta meningkatkan kualitas mental dan kecerdasan moral.

Fitri Mutia, A.KS., M.Si., dosen Ilmu Informasi dan Perpustaakaan UNAIR dalam penelitiannya tentang kondisi UPTD ‘Kampung Anak Negeri’ menyebutkan bahwa jenis informasi yang sering di akses oleh anak jalanan sebagian besar berkaitan dengan minat dan bakat. Misalnya, musik atau olah raga, serta informasi berkenaan dengan tugas sekolah.

Untuk memenuhi kebutuhan koleksi tersebut, perpustakaan UPTD Kampung Anak Negeri melakukan kerjasama dengan perpustakaan umum kota Surabaya agar selalu memperoleh koleksi bacaan yang sesuai dengan kebutuhan informasi anak jalanan. Beberapa layanan yang disediakan perpustakaan ini diantaranya layanan baca ditempat, layanan sirkulasi dan layanan penelusuran informasi, disamping itu, terdapat pula layanan yang dilaksanakan sewaktu-waktu seperti mendongeng, resume buku dan bermain drama.

“Lembaga sosial ini menyelenggarakan berbagai kegiatan bermanfaat bagi anak jalanan guna menghindari timbulnya masalah sosial yang lebih luas. Seperti bimbingan mental spiritual, bimbingan jasmani, sosial, minat dan bakat, keterampilan, termasuk pula bimbingan kognitif yang diselenggarakan dengan menerapkan program pendidikan informal,” jelasnya.

Bukan hanya itu, adanya perpustakaan khusus yang diselenggarakan  oleh UPTD, membuat anak jalanan dapat membekali dirinya dengan pengetahuan yang bermanfaat dalam menghadapi era masyarakat informasi.

“Misalnya mereka diajarkan keterampilan membuat kerajianan tangan, menulis cerita dari buku-buku yang disediakan, melukis atau menggambar kreatif untuk mengisi waktu luang mereka dengan bahan-bahan yang sudah disediakan oleh pihak UPTD,” ungkapnya.

Mutia menilai dari aspek  koleksi, sarana dan prasarana, layanan perpustakaan serta sumber daya manusia (pustakawan) UPTD ‘Kampung Anak Negeri’ memang belum memenuhi standar yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) 2011. Namun melalui perpustakaan tersebut anak jalanan memiliki alternatif ruang untuk mengembangkan minat dan bakat, serta menjalin interaksi dengan teman sebaya. Di samping itu, pustakawan di perpustakaan UPTD Kampung Anak Negeri telah bekerjasama (berkolaborasi) dengan para staf Pembina UPTD untuk mengembangkan strategi dalam membantu anak jalanan memperoleh informasi secara tepat dan benar, termasuk memberikan bantuan untuk bersama-sama anak jalanan menyelesaikan tugas sekolahnya.

“Upaya kolaborasi ini tentu saja dapat menjadi contoh bagi perpustakaan khusus lainnya agar keberhasilan layanan pada pemustaka dapat lebih optimal,” pungkasnya. (*)

Penulis: Zanna Afia

Editor: Nuri Hermawan

Referensi

Mutia, Fitri. 2016.  The Analysis Condition of Special Library for Street Children at UPTD “Kampung Anak Negeri” Institutions. Record and Library Journal, Vol. 2 (2) p.118-127

Link

https://e-journal.unair.ac.id/RLJ/article/view/7207/4403

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu