Desa Mitra UNAIR Banyuwangi Kenalkan Pemanfaatan Teknologi Era Digital

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Tim Desa Mitra

UNAIR NEWS – POKDARWIS (Kelompok Darma Wisata) adalah lembaga yang didirikan warga desa guna menggerakkan dan mengembangkan sektor kepariwisataan di wilayah desa mereka. Selain itu, POKDARWIS juga bertanggung jawab untuk mengenalkan potensi yang ada untuk kemajuan wisata didesa tersebut.

Jika melihat pergeseran pola perilaku masyarakat di era digital saat ini, dimana kebanyakan waktunya dihabiskan dengan berselancar di Internet dan Media Sosial Maka, Digital Branding adalah cara yang paling efektif dan efisien untuk branding dan meningkatkan potensi pariwisata desa. Oleh karena itu, sebagai penunjang Inkubasi Desa Tamansari, Desa Mitra UNAIR Banyuwangi juga membekali POKDARWIS Desa Tamansari teknik Digital Branding melalui kegiatan bertajuk “Training Marketing Campaign 4.0”.

Training Marketing Campaign 4.0 ini merupakan salah satu program penunjang dalam Program Inkubasi Desa Tamansari karena kami melihat selain dari pemaksimalan potensi yang ada akan kurang jika tidak ada branding sehingga kami memanfaatkan POKDARWIS yang sudah dimiliki oleh BUMDES sebagai garda terdepan dalam branding Desa Tamansari,” jelas Ahmad Rido’I Yuda Prayogi yang merupakan Panitia yang bertugas saat ditemui Tim UNAIR NEWS pada Sabtu (21/12) lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan Training Homstay Management yakni Jum’at – Sabtu (5-6/12) di Balai Desa Tamansari dengan partisipan yang sama yaitu 30 orang. Dengan fokus dari pelatihan ini adalah pemanfaatan era digital dengan materi yang meliputi Digital Marketing yakni pengelolaan website dan pemanfaatan sektor lokal untuk di publish ke luar oleh ketua POKDARWIS Banyuwangi Pak Sukir.

“Untuk materinya lebih ke pemanfaatan era digital sebagai media branding dihari yang sama dan peserta yang sama dengan pelatihan guest house namun dilaksanakan pada siang harinya,” ungkap Yuda.

Dihari pertama, tambah Yuda, diisi dengan materi Digital Marketing yang meliputi pengelolaan web dan pada hari kedua dilaksanakan praktik sekaligus ada tambahan materi pemanfaatan sektor lokal untuk diangkat keluar dari ketua POKDARWIS Banyuwangi.

Menutup perjumpaan dengan tim UNAIR NEWS Yuda mengungkapkan bahwa pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas POKDARWIS sehingga mampu mendongkrak popularitas sumberdaya yang ada di Desa Tamansari.

“Jadi setelah pelatihan ini diharapkan POKDARWIS mampu menjad ujung tombak untuk mendongkrak popularitas sumberdaya Desa Tamansari yang telah dioptimalkan setelah rentetan kegiatan inkubasi mulai dari Pelatihan kopi, Pelatihan UMKM, Pelatihan Susu hingga Pelatihan guest house,” pungkas Yuda. (*)

Penulis: Ivan Syahrial Abidin

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu