Dosen UNAIR Bahas Pentingnya Knowledge Sharing pada Perpustakaan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Artikel Ilmiah oleh Feri Fenoria

UNAIR NEWS –  Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNAIR Fitri Mutia, Aks., M.Si., mengulas pentingnya Knowledge Sharing bagi suatu organisasi pada penelitian ilmiahnya. Dia menyebutkan bahwa kegiatan itu pentingguna meningkatkan cara berpikir seseorang pada suatu organisasi.

Fitri mengatakan, berbagai perubahan yang terjadi di era informasi saat ini menuntut suatu organisasi untuk mengelola pengetahuan yang dimiliki (Knowledge Management, Red). “Utamanya pada bidang jasa seperti perpustakaan, organisasi harus mengembangkan kegiatan Knowledge Sharing yang efektif,” ungkapnya.

Melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mutia dan tim menggunakan metode studi kasus, diketahuipustakawan memiliki perbedaan perilaku ketika melakukan kegiatan Knowledge Sharing.Perbedaan perilaku tersebut, kata dia, muncul dari sikap pustakawan dalam menilai kegiatan Knowledge Sharing itu sendiri.

“Beberapa pustakawan telah memiliki niat dan kesadaran untuk membagikan pengetahuan yang dia miliki,  namun beberapa diantaranya tidak.Padahal ini penting untuk menumbuhkan ide serta inovasi bagi perpustakaan melalui kegiatan Knowledge Sharing,” ungkapnya.

Fitri mengungkapkan, saat ini belum banyak individu yang sadar pentingnya penerapan Knowledge Sharing.Dalam praktiknya beberapa individu merasa enggan berbagi pengetahuan meskipun telah didukung dengan kemudahan berkomunikasi.

Sementara itu, komunikasi antar individu ketika berbagi pengetahuan dinilai menjadi kunci keberhasilan Knowledge Sharing. “Knowledge Sharing yang efektif antara individu tergantung pada bagaimana cara masing-masing individu melakukannya,” ujarnya.

Kegiatan Knowledge Sharing dalam suatu organisasi memang tidak selalu berjalan dengan lancar. Keberhasilan Knowledge Sharing dalam sebuah organisasi bergantung pada sikap dan kemauan individu untuk berbagi.

“Kesulitan terbesar dalam Knowledge Sharing adalah mengubah perilaku individu itu sendiri. Orang-orang secara rasional mempertimbangkan implikasi dari tindakan mereka sebelum akhirnya memutuskan untuk terlibat dalam perilaku tertentu,” tutup Fitri. (*)

Penulis: Erika Eight Novanty

Editor : Nuri Hermawan

Reference : mutia, fitri and Rini, Widi Listiyas, “Librarian Knowledge Sharing Behavior in University Library” (2018). Library Philosophy and Practice (e-journal). 2599. 

Link :  https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/2599

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu