FKM UNAIR Banyuwangi Selenggarakan Pelatihan Perhitungan Unit Cost

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Suasana pelatihan di kampus PSDKU UNAIR Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi kembali mengadakan pelatihan perhitungan Unit Cost dengan menggunakan metode Activity Based Costing (ABC). Pelatihan perhitungan Unit Cost adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mengetahui seberapa besar biaya yang dibutuhkan untuk satu kali pemberian pelayanan atau pemeriksaan oleh suatu rumah sakit (RS).

Pelatihan diselenggarakan pada Kamis (19/12) di Ruang 102 Kampus Sobo. Narasumber dari pelatihan tersebut merupakan salah satu Dosen FKM Surabaya, yakni Dr. Thinni Nurul Rochmah, Dra.Ec,M.Kes dan merupakan wakil Dekan II Bidang Keuangan di FKM Surabaya.

Kegiatan pelatihan perhitungan unit cost  diikuti oleh beberapa dosen dari Dapartemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK) dan juga mahasiswa FKM semester 5. Salah satu dosen yang mengikuti kegiatan pelatihan perhitungan Unit Cost yakni Syifaul Lailiyah S.KM.,M.Kes. Dosen dan juga penyelenggara kegiatan pelatihan itu menjelaskan mengenai pelatihan perhitungan unit cost. Menurutnya, kegiatan itu merupakan tambahan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa yang nanti harapannya setelah lulus, pelatihan ini dapat menjadi tambahan ilmu.

“Pelatihan unit cost ini juga merupakan pendalaman mata kuliah Ekonomi Kesehatan yang telah disampaikan pada saat perkuliahan, tetapi untuk pelatihan ini lebih detail lagi dibahas mengenai cara perhitungan unit cost secara nyata atau real,” ujarnya.

Beberapa materi yang disampaikan pada saat pelatihan, yaitu cara menentukan keberhasilan suatu organisasi, permasalahan pembiayaan dalam sebuah RS, serta cara pegelolaan RS secara efektif dan efisien.

“Dan yang pastinya materi megenai cara perhitungan unit cost,” tandasnya.

Setelah penyampaian materi, narasumber memberikan praktik langsung penghitungan unit cost melalui beberapa contoh kasus. Setelah adanya pelatihan perhitungan unit cost ini, mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi khusus yang wajib dimiliki oleh seorang SKM nantinya yakni mampu merencanakan dalam bidang keuangan dalam sebuah ruah sakit.

Penulis: Desi Natalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).