Pengaruh Perilaku Ibu Hamil pada Tahap Pra Pembelian Terhadap Pemilihan Tempat Persalinan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh sehatq

Banyak hal yang dipertimbangkan oleh ibu hamil dalam memilih tempat persalinan. Biasanya ibu akan melahirkan di tempat dimana ibu terbiasa melakukan pemeriksaan kehamilan (ANC). Selain sudah mengenal baik tenaga kesehatan di tempat ANC, kelengkapan data riwayat kehamilan juga menjadi alasan mengapa ibu melahirkan di tempat tersebut. Tetapi, kondisi ini tidak selamanya berlaku demikian. Pada beberapa fasilitas kesehatan, ternyata menemukan fenomena yang tidak linier, karena jumlah ibu bersalin jauh lebih rendah dari pada jumlah ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan di tempat tersebut. Artinya, sebagian ibu yang melakukan pemeriksaan kehamilan, pada saat melakukan persalinan lebih memilih untuk menggunaka fasilitas kesehatan di tempat lain.

Pemilihan tempat persalinan sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan lokasi di mana ibu tersebut tinggal. Idealnya, setiap proses persalinan harus didukung oleh tim dan fasilitas yang baik, serta lingkungan yang nyaman dan aman. Tempat melahirkan adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi psikologi ibu. 

Merencanakan lokasi kelahiran dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti gaya hidup, pendidikan, kondisi ekonomi, dukungan suami, dan lingkungan. Misalnya, wanita hamil dengan gaya hidup tinggi, pendidikan tinggi, tingkat ekonomi yang baik, dukungan suami yang baik, dan lingkungan yang mendukung akan sangat mempengaruhi mereka untuk memilih fasilitas kesehatan tingkat tinggi, seperti rumah sakit. Proses pemilihan tempat bersalin bagi ibu dapat dianalogikan dengan proses pengambilan keputusan yang dimulai dengan tahap pra-pembelian, evaluasi alternative, hingga pengambilan keputusan.

Perilaku ibu hamil selama kehamilan pada tahap pra-pembelian, yang terdiri dari identifikasi kebutuhan, mencari informasi, dan evaluasi alternative, memengaruhi pemilihan tempat melahirkan. Pada kelompok ibu yang cenderung pasif, tidak aktif mencari informasi tentang tempat persalinan, maka kecenderungannya akan melahirkan di tempat yang sama dengan tempat melakukan pemeriksaan kehamilan. Sebaliknya, semakin aktif ibu mencari informasi tentang alternative tempat bersalin yang lain, maka akan semakin besar kemungkinan ibu untuk melahirkan di tempat yang berbeda dengan tempat dimana ibu biasa melakukan pemeriksaan kehamilan. 

Oleh karena itu penting bagi rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan pemeriksaan kehamilan, karena hal ini akan sangat mempengaruhi pengambilan keputusan oleh ibu terkait rencana tempat persalinan. Kualitas layanan yang baik selama kehamilan akan meningkatkan permintaan untuk pelayanan persalinan. Rumah sakit perlu meningkatkan pemahaman masyarakat tentang berbagai pilihan layanan prenatal dan layanan persalinan di rumah sakit dan meningkatkan pelaksanaan kegiatan promosi yang intensif sehingga masyarakat sadar akan adanya penyakit di rumah sakit dan layanan kesehatan yang tersedia.

Memberikan informasi tentang perawatan persalinan dan layanan persalinan dapat menjadi salah satu cara untuk mempromosikan layanan yang disediakan di rumah sakit. Beberapa cara yang dapat dilakukan rumah sakit adalah menyediakan brosur tentang layanan yang tersedia di rumah sakit, memposting poster tentang pilihan layanan kesehatan yang tersedia di rumah sakit, dan mempromosikan layanan persalinan yang dilakukan oleh dokter kandungan atau bidan. 

Kepuasan dengan layanan kesehatan dan informasi yang memadai tentang layanan kesehatan akan meminimalkan pasien untuk membandingkan layanan di Rumah dengan pusat kesehatan lainnya.

Penulis: Ratna Dwi  Wulandari

Informasi detail tentang tulisan ini dapat dilihat di: https://doi.org/10.20473/jaki.v7i1.2019.99-108

Effendy, N. A., Aprilia, R., Nisa, F. C., Wulandari, R. D., (2019) The Effect of Pregnant Mother’s Behavior in The Pre-Purchase Stage Towards  The Selection of Birthplace, Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Volume 7 No 1 January-June 2019

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu