Desa Mitra UNAIR Banyuwangi Bekali Teknik Manajemen pada UMKM Desa Tamansari

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sesi foto bersama usai melakukan pelatihan UMKM. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Setelah terlaksananya Pelatihan Kopi, Desa Mitra PSDKU Universitas Airlangga (UNAIR) di Banyuwangi melanjutkan timeline dari program Inkubasi Desa tamansari yaitu mengadakan Pelatihan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Desa Tamansari Banyuwangi. Pelatihan yang diadakan selam lima hari mulai taggal 18,20,21,22,25 November ini bertujuan untuk meningkatkan  potensi UMKM yang ada di Desa Tamansari.

Saat ditemui tim UNAIR NEWS pada Sabtu (14/12) kemarin, Ahmad Rido’I Yuda Prayogi yang merupakan salah satu Pencetus Kegiatan Desa Mitra dan panitia yang bertugas menjelaskan bahwa program kedua setelah Pelatihan Kopi ini bertujuan untuk memaksimalkan UMKM yang ada di Desa Tamansari.

“Yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah di Desa Tamansari sendiri sudah terdapat banyak UMKM namun belum termaksimalkan dengan baik,” jelas Yuda.

Selain itu, tambah yuda, disana juga sudah dibangunkan infrastruktur berupa 15 Rumah UMKM oleh kita yang mana sudah terisi sekitar 13 UMKM dan Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan UMKM mulai dari pelayanan, administrasi, pengemasan produk dan teknik pemasaran.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 5 hari dibalai Desa Tamansari dan Rumah UMKM ini dihadiri 10 partisipan. Selain pelatihan, pada kegiatan ini juga disesdiakan Konsultan UMKM dari Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNAIR Banyuwangi yakni Diansanto Prayoga,S.KM.,M.kes.

“Dihadiri oleh 10 orang partisipan dari UMKM semua pematerinya murni dari dosen UNAIR Banyuwangi semua kebanyakan dari FKM tapi ada beberapa dari FEB (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) yang mengajarkan tentang manajemen keuangan dan Pak Dian sebagai konsultan,” Tutur Yuda.

Pelatihanya itu, sambungnya, meliputi Manajemen Keungan dan Administrasi sekaligus praktik supaya lebih terarah pada hari pertama, kemudian teknik pemasaran yang baik dari Offline maupun Online pada hari kedua, disambung Pengemasan dan cara berkomunikasi kepada pelanggan yang baik pada hari ke-3 dan ke-4 serta ditutup dengan konsultasi pada hari kelima.

Menutup perjumpaan dengan tim UNAIR NEWS Yuda berharap setelah diadakan pelatihan dan disesdiakan UMKM Desa Taman sari mampu termaksimalkan sehingga meningkatkan ekonomi dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan Desa Tamansari.

“Harapanya setelah diadakan Pelatihan UMKM ini Rumah UMKM bisa termaksimalkan serta UMKM disana mampu berkembang dan mampu menicptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Desa Tamansari karena disana adalah daerah yang relatif banyak dikunjungi sehingga sangat potensial,” tutup Yuda.

Penulis : Ivan Syahrial Abidin

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu