Bakteri Endofit Daun Mangrove, Potensi Hasilkan Senyawa Antibakteri dan Enzim

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh trubus.id

Bakteri merupakan organisme yang memiliki berbagai peran dalam kehidupan, baik dari sistem ekologis seperti biogeokimia, hingga pada aspek kesehatan. Pada aspek kesehatan, bakteri yang menyebabkan penyakit atau biasa disebut sebagai bakteri patogen merupakan salah satu permasalahan yang penting untuk diperhatikan, terlebih dengan munculnya strain-strain bakteri yang mampu mempertahankan diri dari antibiotik yang saat ini digunakan.

Terdapat temuan-temuan baru terkait dengan munculnya bakteri patogen yang resisten terhadap antibiotik. Bahkan, ada istilah “superbug” bagi bakteri yang mampu tahan terhadap antibiotika tersebut. Dampaknya, proses penyembuhan penyakin berjalan lebih lama, serta dibutuhkan obat atau antibiotik dengan dosis yang lebih tinggi. Dampak jangka panjang dari pengobatan seperti ini adalah membengkaknya permasalahan ekonomi, serta potensi mengancam nyawa pasien.

Berbagai upaya untuk menemukan senyawa antibakteri yang lebih efektif terus dilaksanakan, mulai dari eksplorasi dari alam, hingga rekombinan DNA. Saat ini, eksplorasi dari alam mayoritas ditargetkan pada organisme yang telah dikenal sebagai penghasil antibiotik, seperti Streptomyces sp. atau jamur. Meskipun demikian, masih banyak sumber antibakteri yang dapat dieksplorasi dari strain bakteri jenis lain.

Hasil penelitian tim peneliti Fakultas perikanan dan Kelautan menemukan adanya bakteri yang potensial menghasilkan senyawa antibakteri dan enzim dari ekosistem mangrove, tepatnya dari bakteri endofit daun mangrove. Bakteri endofit adalah bakteri yang mampu bertahan hidup di dalam jaringan tanaman. Mengingat mangrove memiliki senyawa antibakteri, dimungkinkan kedepan diteliti lebih jauh proses mangrove menghasilkan senyawa tersebut.

Penulis: Heru Pramono

Informasi detail tentang tulisan ini dapat dilihat di:

https://mjm.usm.my/uploads/issues/1559/Formatted%20MJM-19-0352_COLOUR.pdf

Heru Pramono, Noer Tommy Irawan, Moch. Rizal Arif Firdaus, Sudarno, Laksmi Sulmartiwi1 and A. Shofy Mubarak. 2019. Bacterial endophytes from mangrove leaves with antibacterial and enzymatic activities. Malaysian Journal of Microbiology.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu