Pakar Gigi UNAIR Paparkan Pentingnya Peranan Ayah untuk Mendukung Kesehatan Gigi Balita

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Artikel Ilmiah oleh Feri Fenoria

UNAIR NEWS –  Early Childhood Caries (ECC) atau karies rampan adalah permasalahan karies gigi yang menyerang balita di Indonesia. Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, tercatat masih banyak balita di Indonesia yang mengalami karies rampan.

Namun, fakta di lapangan mencatat bahwa kebiasaan memeriksakan gigi ke dokter gigi masih sangat kurang di Jawa Timur, khususnya di daerah Surabaya. Berdasarkan penelitian tahun 2013, hanya 30 persen dari anak-anak yang memiliki masalah gigi dan menerima perawatan, sedangkan 70 persen lainnya tidak menerima perawatan gigi.

Sebagaimana diketahui, bahwa orang tua, terutama ibu memiliki peran untuk mengambil keputusan apakah anak harus periksa ke dokter gigi atau tidak. Pada usia balita, peran serta orang tua dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak sangat dibutuhkan.

Hal inilah yang kemudian menjadi dasar bagi dosen dan peneliti UNAIR untuk melakukan penelitian. Khusus pada penelitian ini, peneliti ingin melihat pengaruh antara dukungan suami terhadap keputusan ibu dalam membawa anaknya ke dokter gigi.

Pada dasarnya seorang anak bersifat pasif, tidak mungkin datang ke dokter gigi sendiri. Salah satu yang berperan untuk mengajak anak ke dokter gigi adalah ibu. Kemudian berdasarkan penelitian, ternyata dukungan suami bisa menjadi dorongan yang signifikan bagi ibu untuk mau membawa anaknya ke dokter gigi.

“Hal ini berarti suami atau ayah mempunyai peranan penting dalam mendukung kesehatan gigi di keluarga,” jelasnya.

Dengan adanya penelitian ini, peneliti berharap dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas akan pentingnya memelihara kesehatan gigi dan mulut bagi anak. Fakta menunjukkan bahwa ternyata dukungan seluruh anggota keluarga, terutama orang tua berpengaruh terhadap kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut anak.

“Informasi ini ke depannya dapat menjadi evaluasi dan materi untuk penyuluhan kepada orang tua murid, maupun calon orang tua dan calon pengantin, sehingga dapat serta menekan angka kejadian karies gigi pada anak-anak,” pungkasnya. (*)

Penulis: Sandi Prabowo

Editor: Nuri Hermawan

Referensi :

https://www.dovepress.com/husbands-support-and-wifes-decision-to-childrens-dental-visit-is-there-peer-reviewed-article-CCIDE

Bramantoro, T., Indrastie, N., Hariyani N., & Setyowati, D. (2019) Husband’s Support and Wife’s Decision to Children’s Dental Visit : Is There Any Relationship? . Journal Cosmetic and Investigational Dentistry, Volume 11.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu