FKH UNAIR Lantik Dokter Hewan Terbanyak Sepanjang Sejarah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sebanyak 204 dokter hewan berhasil dikukuhkan dan diambil sumpah pada periode ke-163, Kamis (12/12). (Foto: Sugeng Andrean)

UNAIR NEWS – Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali menggelar upacara pelantikan dan pengambilan sumpah dokter hewan. Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dilakukan di Airlangga Convention Center (ACC) UNAIR Kampus C pada Kamis (12/12). Sebanyak 204 dokter hewan berhasil dikukuhkan dan diambil sumpahnya pada periode ke-163 tersebut.

Dekan FKH UNAIR Prof. Dr. Pudji Srianto, drh., M.Kes. menuturkan, yang menarik dari pelantikan dan pengambilan sumpah dokter hewan periode ini adalah yang terbanyak sepanjang sejarah berdirinya FKH UNAIR.

“Pelantikan dan pengambilan sumpah  dokter hewan periode 163 ini merupakan acara pengukuhan dokter hewan dengan peserta terbanyak sepanjang berdirinya FKH UNAIR sejak 1976. Bahkan mungkin terbanyak di Indonesia yakni sebanyak 204 dokter hewan yang dilantik dan disumpah pagi ini,” ungkap Prof. Puji.

Acara pelantikan tersebut juga dihadiri Wakil Rektor IV Prof. Junaidi Khotib, S.Si, Apt., M.Kes., Ph.D. Ia berpesan kepada para dokter hewan yang telah diambil sumpahnya untuk selalu memegang teguh dan menjunjung tinggi etika profesi kedokteran hewan, dan terus menjaga nama baik almamater UNAIR.

“Untuk para dokter hewan yang telah disumpah, pegang terus dan junjung tinggi etika profesi dokter hewan. Jadilah agen perubahan di masyarakat dan jagalah terus nama baik almamater kalian,” ungkap Prof. Junaidi.

Drh. Muhammad Munawarah, M.M. Ketua Umum Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) juga berkesempatan hadir dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Munawar berpesan kepada para dokter hewan agar menggunakan ilmu yang telah didapat dengan sebagaimana mestinya.

“Bangsa ini membutuhkan kalian, pergunakanlah ilmu kalian sesuai dengan peruntukannya, jangan sampai nanti saya mendengar ada lulusan dokter hewan yang malah menjahit baju di rumah, jangan sampai,” ungkap Munawar.

Munawar juga memberikan tawaran kepada para dokter hewan yang telah dilantik apabila setelah enam bulan mereka belum juga mendapat pekerjaan, ia sanggup mencarikan pekerjaan dengan syarat tidak pilih-pilih.

“Nanti bilang ke saya, kalau sampai enam bulan ada yang belum dapat pekerjaan, akan saya carikan, asalkan tidak pilih-pilih,” pungkas Munawar. (*)

Penulis : Sugeng Andrean

Editor : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu