Dosen Magister Manajemen UNAIR Tekankan Adanya Komunitas Online Untuk Perusahaan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi Artikel Ilmiah oleh Feri Fenoria

UNAIR NEWS – Di tengah persaingan bisnis yang dinamis, membangun ikatan kuat dan dipercaya oleh pelanggan adalah hal yang penting bagi perusahaan. Menjalin hubungan dan interaksi dengan pelanggan akan memberikan dampak terbentuknya hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggan.

Dosen Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga, Dr. Dien Mardhiyah SE., M.Si. melakukan penelitian tentang komunitas online dalam pemasaran sebuah produk. Dibantu oleh mahasiswanya Ali Imadudin,  Dien mengungkapkan berkembangnya internet dan media sosial di Indonesia membuat interaksi tidak hanya terjadi dalam aktivitas langsung namun juga aktivitas di dunia maya.

“Sama halnya dengan interaksi pada umumnya yang sudah menggunakan media sosial, interaksi di dalam komunitas merek juga mulai menggunakan media sosial dalam berinteraksi,” ungkapnya.

Dien juga menambahkan dalam penelitiannya memberikan temuan baru mengenai hasil aktivitas social networking di dalam komunitas merek berbasis online yang dapat menciptakan kepercayaan merek. Hal ini berbeda dengan penelitian sebelumnya yang dikembangkan oleh Laroche pada 2012 yang menyatakan bahwa aktivitas social networking tidak berpengaruh terhadap kepercayaan merek.

Aktivitas social networking yang cepat didukung dengan budaya Indonesia cenderung kolektif, mendorong seseorang untuk membentuk sebuah kelompok. Hal tersebut yang juga mendorong terciptanya komunitas di Indonesia baik yang berinteraksi secara offline maupun online.

Peran kepercayaan merek juga menjadi mediator yang membantu mengaitkan hubungan social networking dan loyalitas merek. Dua faktor tersebut memberikan peran kepercayaan sangat besar dalam membangun loyalitas merek dalam komunitas merek berbasis online.

“Perusahaan sering lupa untuk membangun ikatan pertemanan yang sifatnya emosional dan lebih condong ke arah kepentingan penjual,” ujarnya.

Dien mengaku keberadaan komunitas berbasis online di era internet sudah menjadi keniscayaan yang harus ditanggapi oleh perusahaan. Komunitas merek sebagai strategi bisnis perusahaan dalam menghadapi persaingan modern harus didesain dengan baik.

Ia juga menyarankan kepada perusahaan yang sedang mengembangkan komunitas merek berbasis online untuk memperhatikan aktivitas social networking dalam menguatkan hubungan antar anggota komunitas. Anggota komunitas merupakan aset bagi komunitas merek dan perusahaan untuk keberlanjutan bisnis kedepan. Perusahaan tidak hanya memikirkan kepentingan penjualan atau keuntungan, tetapi juga membangun hubungan atau ikatan yang sifatnya emosional dengan pelanggan khususnya anggota dalam komunitas.

Penulis: Aditya Novrian

Editor: Khefti Al Mawalia

http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/269

Ali Imaduddin Futuwwah, Dien Mardhiyah, Pengaruh Praktik Social Networking, Kepercayaan Merek Dan Loyalitas Merek Pada Komunitas Merek Online, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol.4, No.3,Oktober 2019: 349-364 P-ISSN 2527–7502 E-ISSN 2581-2165, hlm. 350.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu