Rencana Rista Usai Menangkan Juara Tiga Duta Pemuda Jawa Timur

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rista (baju merah), bersama Tim Duta Pemuda Banyuwangi dalam Jambore Duta Pemuda Jawa Timur di Alun-Alun Arek Lancor, Pamekasan. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Genap sudah empat bulan berjalan sejak dinobatkannya Rista Meilia Pratiwi, mahasiswi program studi S1 Akuntansi PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi, menjadi Duta Pemuda Banyuwangi pada bulan September lalu. Tes tulis, wawancara, hingga karantina yang telah dilalui sebelumnya berhasil mengantarkan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banyuwangi bersama Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) memilih Rista sebagai juara tiga.

Sejak dinobatkan, Rista telah melalui beberapa program dan salah satu program terbesar adalah rangkaian seleksi Jambore Duta Pemuda Jawa Timur yang diadakan pada bulan Oktober lalu di Pamekasan, Madura. Seleksi ini dilakukannya bersama duta-duta pemuda lain dari Banyuwangi dan Jawa Timur untuk memilih manakah yang pantas menjadi wajah baru bagi pemuda Jawa Timur.

Adapun rangkaian program di dalamnya ada stand pameran produk-produk lokal daerah, karnaval budaya, penampilan di Jatim Night Spectacular, hingga persembahan untuk penutupan Jambore Pemuda Jawa Timur. “Rangkaian program ini intinya sama, untuk memperkenalkan budaya dan kesenian daerah lokal, dalam hal ini, Banyuwangi,” jelas Rista saat ditemui UNAIR NEWS (08/12).

Perjuangan Rista bersama tim Duta Pemuda Banyuwangi tidak berakhir percuma karena mereka berhasil membawa pulang tropi juara ketiga se-Jawa Timur.

“Bangga sekali rasanya saat dipanggil menjadi juara karena kami berhasil membawanama Banyuwangi ke tingkat yang lebih tinggi. Senang juga karena mendapat pengalaman dan teman baru, serasa masih terharu juga karna persiapan yang telah kita lalui bersama tim ini ngga sia-sia,” ungkap Rista lebih lanjut.

Ke depannya, Rista berencana untuk dapat menghidupkan ‘titel’ yang telah tersemat padanya yakni sebagai representatif dari pemuda di Banyuwangi dan kini Jawa Timur. Rista berharap dapat lebih bermanfaat dimulai dari hal-hal kecil di lingkungannya serta dapat memberi motivasi dan bertingkah laku selayaknya role model bagi pemuda-pemuda di sekitarnya untuk berbuat lebih baik lagi.

“Untuk tahun depan, kami (tim Duta Pemuda Banyuwangi, red) berharapprogram-program yang telah kami siapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Banyuwangi dan goals utama adalah kami tengah mempersiapkan The Next Pemuda tahun 2020,” pungkas Rista mengenai rencananya ke depan.

Penulis: Tsania Ysnaini Mawardi

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu