Ketahui Deteksi Plasmasitoma Soliter di Clavicula

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh klikdokter

Plasmasitoma soliter merupakan suatu bentuk keganasan sel plasma klonal yang terbatas pada satu tumor. Sejumlah 50 persen kasus dapat berkembang menjadi sistemik berupa Mieloma Multipel. Median waktu terjadinya progresi kearah mieloma multipel adalah sekitar 19 bulan. Pada saat ini dilaporkan sebuah kasus mengenai progresi cepat plasmasitoma kearah mieloma multipel dalam kurun waktu 2 bulan sejak diagnoss plasmasitoma ditegakkan. Seorang pria berusia 45 tahun yang  memiliki keluhan pembesaran progresif leher sebelah kiri dalam kurun 2 bulan berobat pada klinik rawat jalan bedah. Pada pemeriksaan fisik didapatkan massa supraclavicular kiri  yang solid, berukuran 8×8 cm.

Hasil pemeriksaan fine needle aspiration biopsy (FNAB) didapatkan gambaran plasmasitoma. Konfirmasi diagnosis dilakukan berdasarkan biopsi bedah dan pemeriksaan imunohistokimia. Pemeriksaan indeks Ki67 yang merupakan indeks proliferasi suatu keganasan sebesar 80% (tinggi). Tidak ditemukan adaya kelainan pada hasil pemeriksaan laboratorium rutin. Dua bulan selanjutnya, penderita dirawat di dengan anemia dan penyakit ginjal kronik.

Hasil pemeriksaan serum protein elektroforesis membuktikan adanya M-spike. Pemeriksaan sumsum  tulang meunjukkan adanya proliferasi sel plasma yan sangat meningkat sebesar 78%. Plasmasitoma soliter dapat timbul pada semua tulang, terutama pada tullang penyangga. Plasmasitoma soliter pada clavicula sangat jarang ditemukan (prevalensi 0,45%) dari semua tumor tulang primer. Diagnosis plasmasitoma soliter didasarkan pada biopsi jaringan, pemeriksaan laboratorium, radiologi dan apirasi sumsum tulang. Progresi plasmasitoma menuju mieloma multipel dapat dideteksi dengan pemeriksaan darah lengkap (DL).

Indeks prolferasi (KI67>8%) dan ukuran tumor (>5cm) merupakan faktor risiko terjadinya progresi cepat plasmasitoma. Deteksi dini keluha sistemik sangatah penting pada manajemen penderita dengan plasmasitoma soliter.

Penulis : Paulus Budiono Notopuro, dr, SpPK(K)

Informasi lengkap dari penelitian ini dapat dilihat pada :

https://www.indonesianjournalofclinicalpathology.org/index.php/patologi/article/view/1398

Paulus Budiono Notopuro. Rapid Progression of Clavicular Solitary Plasmacytoma to Multple Myeloma. Indonesia Journal of Clinical Pathology and Medical Laboratory. 2019 March; 25(2):246-49. p-ISSN 0854-4263. E-ISSN 2477-4685

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu