Kenalkan Kelestarian Hayati Kota Surabaya, UKM WANALA UNAIR Adakan Lomba Pengamatan Burung

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Peserta WANALA BIRDING AND PHOTO COMPETITION 2019 melakukan pengamatan di Kawasan Mangrove Wonorejo, Surabaya. (Foto : WANALA UNAIR)

UNAIR NEWS – Dalam rangka mengenalkan potensi keanekaragaman hayati di Surabaya khususnya jenis burung, Mahasiswa Pencinta Alam WANALA Universitas Airlangga menyelenggarakan perlombaan pengamatan burung (Bird Watching) bertajuk WANALA BIRDING AND PHOTO COMPETITION 2019 (WANABIRD).

Kegiatan itu berlangsung pada Jumat hingga Sabtu, 22-24 November 2019 di Kawasan Wisata Kebun Bibit Wonorejo dan Kawasan Mangrove Wonorejo, Surabaya. Dalam perlombaan itu, WANALA Universitas Airlangga menggandeng beberapa juri yang telah ahli di bidangnya, antara lain Happy Ferdiansyah, Waskito Kukuh Wobowo, Swiss Winasis, dan Guslan Gumilang.

WANABIRD merupakan perlombaan bird watching pertama yang diselenggarakan oleh Mapala. Perlombaan diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari Surabaya, Malang, Jember, Pamekasan, Yogyakarta, Solo, Semarang, Bali, serta Lombok.

Dalam perlombaan itu, terdapat dua kategori perlombaan yang dapat diikuti oleh seluruh peserta perlombaan. Kategori pertama adalah fotografi. Dalam kategori ini, penilaian didasari oleh seberapa tepat peserta memilih moment foto yang diambil serta ketepatan dalam pengambilan angle foto.

Kategori selanjutnya adalah pengamatan burung (bird watching) yang kriteria penilaiannya meliputi ketepatan deskripsi jenis burung di Kawasan Mangrove Wonorejo. Ketepatan dalam deskripsi ini meliputi jenis burung serta karakteristik burung yang dipilih.

Pemenang dalam perlombaan ini antara lain, untuk kategori fotografi yaitu tim bernama Cendol Dawet (Umum – Yogyakarta) sebagai Juara I, BSC Curik 3 (Biologi- Universitas Udayana) sebagai Juara II, dan Hola Holo (Haliaster Biologi – Universitas Diponegoro) sebagai Juara III.

Sementara untuk kategori pengamatan burung (bird wathcing), Hola Holo (Haliaster Biologi- Universitas Diponegoro) sebagai Juara I, Ikut Memeriahkan (BSC Kecial – Universitas Mataram) sebagai Juara II, serta Cendol Dawet (Umum – Yogyakarta) sebagai Juara III.

Ketua Pelaksana WANALA BIRDING AND PHOTO COMPETITION 2019, Risma Wahyuningrum mengungkapkan, perlombaan ini merupakan wujud partisipasi WANALA dalam bidang pelestarian alam, yaitu dengan diadakannya Lomba Pengamatan Burung (Bird Watching) sebagai upaya pembelajaran teknis pengamatan burung serta eksistensi dalam kegiatan tingkat nasional.

“Lomba pengamatan burung ini diharapkan dapat mengasah dan meningkatkan skill peserta dalam bidang pelestarian alam, khususnya pengetahuan tentang burung, serta meningkatkan kepekaan dalam menghadapi lingkungan sekitar,” ucap Risma. (*)

Penulis : Annisa Wulida Furqonia

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu