Inilah Manajemen Terbaru GBS

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Halodoc

Sindrom Guillain-Barre (GBS) pada awalnya dideskripsikan oleh Landry pada tahun 1859 dan Guillain, Barré dan Strohl pada tahun 1916. GBS adalah gangguan imun yang dimediasi akut yang mempengaruhi saraf perifer, akar saraf, dan didefinisikan sebagai Poliradiculoneuropathy. GBS ditandai oleh kelemahan ekstremitas progresif cepat dan biasanya ekstremitas proksimal lebih buruk daripada ekstremitas distal, dalam banyak kasus, ini mempengaruhi kegagalan pernapasan, dan atau disfungsi otonom.

Meskipun GBS memiliki prognosis yang baik, angka kematian sekitar 5% dan 10% dari pasien yang tetap cacat serius satu tahun setelah onset gejala neurologis.GBS baru-baru ini dianggap sebagai sindrom klinis neuropati inflamasi akut yang melibatkan sejumlah subtipe dengan bukti mekanisme imunologis yang berbeda. Beberapa di antaranya dipahami dengan jelas sementara yang lain tetap harus diklarifikasi sepenuhnya. Antibodi yang memperbaiki pelengkap terhadap gangliosida saraf perifer saja dan dalam kombinasi semakin diakui sebagai mekanisme penting dari kerusakan saraf.

Neurofascin, salah satu antibodi baru terhadap antigen saraf lainnya, baru-baru ini dijelaskan. Database penelitian telah disiapkan untuk melihat faktor-faktor yang terkait dengan prognosis dan pengaruh farmakokinetik imunoglobulin intravena (IVIg) dalam terapi. Studi baru yang menarik sedang berlangsung untuk menyelidiki peran yang mungkin untuk penghambatan komplemen dalam pengelolaan GBS. Manajemen GBS harus disediakan di unit rumah sakit yang tepat, sedangkan tim spesialis, perawatan intensif dan rehabilitasi sangat penting. Artikel ini akan memberikan pembaruan manajemen GBS.Beberapa terapi modulasi diberikan untuk meningkatkan hasil dan mencegah kecacatan. Pertukaran Plasma (PE) dan Imunoglobulin Intravena (IVIg) terbukti merupakan Imunoterapi efektif untuk GBS dalam meningkatkan hasil neurologis

Penulis : Dr. Hanik B. Hidayati, dr., SpS ( K )

Berikut link jurnal terkait tulisan di atas: http://www.apicareonline.com/oldsite/wordpress/table-of-contents/20181005/

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu