Apa Kamu Toxic People? Kenali Diri Lewat Cara Berikut!

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Pixabay.com

UNAIR NEWS – Sebagai manusia, merupakan hal yang wajar apabila melakukan penilaian terhadap diri sendiri, atau sekadar merenungi kekurangan diri sendiri. Ketika melakukan penilaian tersebut, tidak menutup kemungkinan seseorang merasa bahwa dirinya memiliki ciri-ciri sebagai toxic people.

Jika kamu merasa demikian, berikut merupakan beberapa tips dari Dr. Dewi Retno Suminar, M.Si., Psikolog untuk menghadapi diri kamu sendiri.

Mengenal Tipe Diri

Hal pertama yang dapat dilakukan jika kamu merasa sebagai toxic people adalah mencari tahu tipe apakah dirimu. Apakah tipe pengkritik, narsis, penghasut, atau lainnya.

“Jika tipe pengkritik, maka kita harus mencoba melihat semua orang dari sisi positif,” ucap dosen yang akrab disapa Dewi itu.

http://news.unair.ac.id/2019/12/06/dua-cara-menghadapi-toxic-people/

Menelaah Diri Sendiri

Kemudian, menelaah diri sendiri. Apabila suka mengkritik, maka perlu dicari tahu kebiasaan mengkritik itu apakah merupakan bagian dari ketidaknyamanan atas diri sendiri.

“Saya mendapatkan beberapa kasus, ketika orang tidak merasa nyaman dan bahagia dalam hidupnya, maka dia akan marah. Dan jika itu tidak bisa terkoordinasi dengan baik, amarah tersebut dialihkan pada orang lain,” jelasnya.

Displacement atau pengalihan rasa marah tersebut adalah dengan kalimat yang tidak menyenangkan bagi orang lain. Sehingga, saran yang diberikan Dewi adalah untuk lebih bersyukur.

“Kalau lebih banyak bersyukur akan lebih mudah untuk tidak melihat sesuatu dari sisi negatif,” lanjutnya.

Setelah bersyukur, kemudian belajar untuk memilih kata. Menggunakan kata-kata yang lebih bagus karena bisa membuat orang lain tau apa yang harus dilakukan, dibanding marah.

Toleransi

Dengan toleransi, maka akan dapat menghargai orang lain. Selain itu, empatinya juga akan berkembang. (*)

Penulis : Galuh Mega Kurnia

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu