Respon Imun Seluler Kelinci yang Diimunisasi dengan Vaksin Dengue Multivalent

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh detik health

Dengue merupakan infeksi virus sistemik yang ditularkan pada manusia oleh nyamuk Aedes (Simmons et al., 2012). Infeksi oleh satu serotipe menginduksi perlindungan seumur hidup terhadap serotipe homolog. Pasien dengan infeksi kedua dengan serotipe berbeda berisiko lebih tinggi terhadap penyakit berat. Profil imun humoral dan seluler yang hadir setelah infeksi pertama mungkin tidak hanya gagal untuk mengendalikan infeksi kedua dengan serotipe yang berbeda tetapi juga dapat memfasilitasi peningkatan infeksi sel target dan replikasi virus (Rothman, 2011).

Sementara itu, perlindungan terhadap serotipe lain tidak berlangsung lama, tetapi tidak memberikan imunitas perlindungan silang. Serotipe lain hanya memberikan kekebalan parsial sementara. Di daerah endemik demam berdarah, seseorang dapat terinfeksi oleh tiga serotipe lainnya (Soegijanto, 1998). Oleh karena itu, multivalen terhadap empat serotipe menjadi suatu keharusan (Liu et al., 2008). Secara keseluruhan, data yang tersedia menunjukkan bahwa titer PRNT50 saja tidak cukup memprediksi kemanjuran vaksin. Berdasarkan paradigma tersebut, komunitas ilmiah dengue mempertimbangkan peran sel T dalam perlindungan terhadap DENV (Lam et al., 2017).

METODE DAN HASIL

Kelinci White New Zealand (18 ekor) divaksinasi menggunakan vaksin dengue multivalen dalam dosis yang berbeda pada hari ke-0, dan booster dilakukan pada hari ke-14. P0 diinjeksi dengan PBS (control), P1 diinjeksi sebanyak 0.5 cc, dan P2 diinjeksi sebanyak 0.3 cc. Serum darah sebanyak 200 μl dikoleksi pada hari ke-0, 7, 14, 21, dan 28 untuk isolasi peripheral blood mononuclear cell (PBMC). Pengamatan respon imun seluler dari isolasi PBMC dilakukan dengan immunofluorescence menggunakan mikroskop fluorescent untuk menghitung jumlah sel TLR, sel T CD4+ dan sel T CD8+.

Kelinci yang divaksinasi dengue multivalent menunjukkan jumlah TLR yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol, meskipun hasil antara P1 dan P2 tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Meskipun terjadi penurunan jumlah TLR pada hari ke-21 (seminggu setelah booster), tetapi jumlah TLR meningkat lagi pada hari ke-28. Peningkatan TLR tertinggi terjadi pada hari ke-14 (beberapa minggu setelah vaksinasi pertama), sementara jumlah tertinggi tercapai pada hari ke-28. Reseptor TLR dianggap penting karena sinyal TLR mengaktifkan respon imun spesifik, merangsang produksi faktor transkripsi yang menghasilkan berbagai protein dan sejumlah sitokin yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh (Baratawidjaja et al., 2009). Ketika ada peningkatan jumlah TLR, aktivasi makrofag lebih efektif dalam mengidentifikasi dan menangkap antigen, memproses dan kemudian mempresentasikannya ke reseptor sel T untuk komponen virus patogen menyediakan melalui transduksi sinyal TLR dan reseptor untuk IFN -gamma.

Sedangkan untuk sel T CD4+, walaupun pada kelompok yang ditantang dan divaksinasi terjadi peningkatan jumlah sel secara konsisten setelah vaksinasi, namun kelompok P2 pada hari ke-7 tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan (p> 0.05) bila dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pada hari ke-14 dan hari ke-28, P1 menunjukkan perbedaan signifikan terhadap P2, sedangkan pada hari ke-21, P1 dan P2 tidak berbeda nyata. Peningkatan sel T CD4+ tertinggi dan jumlah sel T CD4+ terbanyak terjadi pada hari ke-28 (beberapa minggu setelah booster dilakukan).

Peningkatan sel T CD4+ sejalan dengan peningkatan kadar imunoglobulin yang diproduksi oleh kelinci setelah vaksinasi. Hal ini disebabkan sel T CD4+ akan berdiferensiasi menjadi sel plasma yang memiliki kemampuan memproduksi imunoglobulin. Sel T CD4+ sendiri juga memiliki kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi sel memori. Sel memori memiliki peran penting dalam reintroduksi antigen dengan cepat, sehingga kadar imunoglobulin yang terbentuk akan lebih tinggi. Sel T CD4+ diperkirakan mengendalikan infeksi virus melalui berbagai mekanisme, termasuk peningkatan respons sel B, sel T CD8+, produksi sitokin inflamasi dan anti-virus, sitotoksisitas sel yang terinfeksi virus, dan promosi respons memori (Sant et al., 2012).

Jumlah sel T CD8+ pada kelompok yang ditantang dan divaksinasi meningkat secara konsisten setelah vaksinasi kecuali pada kelompok P1 pada hari ke-7 tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan (p> 0.05) dengan kelompok kontrol. Pada hari ke-14 dan hari ke-28, P1 menunjukkan perbedaan signifikan dengan P2, sedangkan pada hari ke- 21, P1 dan P2 tidak berbeda nyata. Peningkatan sel T CD8+ tertinggi terjadi pada hari ke-21 (seminggu setelah penguat), sedangkan jumlah sel T CD8+ terbanyak terjadi pada hari ke-28. Virus bersifat intraseluler sehingga akan mengaktifkan reseptor sel T CD8+ melalui pengenalan sel fagosit. Peran protektif sel T selama infeksi virus telah diketahui dengan baik (Remakus et al., 2013). Bukti terbaru dari studi tikus dan manusia memang menunjukkan bahwa sel T, khususnya subset CD8+, merupakan mediator yang sangat penting (Zellweger et al., 2014; Zellweger et al., 2015).

Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dosis 0.5 cc dan 0.3 cc vaksin dengue multivalent dapat meningkatkan jumlah TLR, sel T CD4+ dan sel T CD8+ terhadap DENV pada kelinci. Penghargaan yang lebih besar tentang pentingnya sel T juga terlihat dari perkembangan vaksin baru-baru ini yang berfokus pada penilaian aktivitas sel T pada individu dan hewan yang divaksinasi (Weiskopf et al., 2015; Chu et al., 2015; Gil et al., 2016 ).

Penulis: Lita Rakhma Yustinasari, drh., M.Vet.
Informasi detail pada tulisan ini dapat dilihat pada tulisan kami di

www.ivj.org.in/users/members/viewarticles.aspx?Y=2019&I=787#

Multivalent Dengue Vaccines and its Celluler Immune Response in New Zealand White Rabbit. US National Library of Medicine National Institute of Health

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).