Ciptakan Halal Eduwisata Sains, Mahasiswa UNAIR Raih Juara 1 LKTIN

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Tiga mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) kembali menorehkan prestasi. Mereka adalah Nilna Maulida, mahasiswa Sastra Inggris 2018 dan Widyah Puspitasari serta Fahmi Ikhasul Amalludin sebagai mahasiswa biologi 2018. Melalui judul “HEDSA (Halal Eduwisata Sains) : Upaya Optimalisasi Eneri Biolistrik S-MFC dari Sedimen Mangrove melalui Halal Tourism di Pantai Lombang Sumenep,” ketiga mahasiswa itu berhasil meraih juara 1 dalam LKTIN Marak Hafara 9 yang diadakan oleh Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura.

Nilna, salah satu anggota tim tersebut menyatakan bahwa ide penelitian mereka tercetus karena keprihatinannya terhadap berbagai masalah pantai yang kurang terurus oleh masyarakat maupun pemerintah, salah satunya yaitu hutan mangrove.

“Banyak hutan mangrove yang tidak direhabilitasi meskipun tanamannya sudah mati. Eksistensi mangrove sudah tidak diperhatikan lagi karena masyarakatnya seperti tidak peduli. Sehingga kami ingin mengkonservasi hutan mangrove itu melalui eduwisata,” jelasnya.

Lebih lanjut, Nilna memaparkan bahwa eduwisata yang mereka angkat adalah mengenai S-MFC atau Sedimen Microbia Fuel Cell. Gagasan mereka ialah menyediakan pos-pos yang memberikan edukasi mengenai pembelajaran dan perakitan S-MFC di Pantai Lombang, Sumenep.

“S-MFC adalah pembelajaran mengenai sedimen mangrove yang bisa menghasilkan energi listrik. Melalui eduwisata ini, semoga eksistensi mangrove akan lebih diperhatikan lagi,” tambahnya.

Dalam lomba yang mengangkat tema ‘Halal Lifestyle’ itu, Nilna mengaku bahwa dia dan timnya hanya memiliki waktu dua hari untuk menyelesaikan penelitian dan menyiapkan presentasi. Namun, dengan semangat dan sikap optimis dari masing-masing anggota, mereka mampu mengalahkan tim peserta lain dari berbagai kampus di Indonesia.

Terakhir, Nilna berpesan kepada mahasiswa UNAIR lainnya untuk terus aktif mengikuti kompetisi dan terus berprestasi. “Cobalah merasakan hawa kompetisi, saya pastikan kamu akan ketagihan dan pengen lagi. Intinya kamu tidak harus menang, tapi kamu harus punya mimpi untuk jadi pemenang!” pungkasnya.

Penulis : Nikmatus Sholikhah

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).