Teliti tentang Pestisida Alami, Mahasiswa FKM Raih Juara 1 dalam LKTIN PHOENIX

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rica Naudita (dari kanan), Bintang Aji Pangestu, dan Devi Anggraini berhasil meraih Juara 1 pada LKTIN PHOENIX. (Foto: istimewa)

UNAIR NEWS – Tiga mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil meraih juara 1 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) PHOENIX yang diselenggarakan oleh FKM PSDKU UNAIR Banyuwangi. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Bintang Aji Pangestu, Devi Anggraini, dan Rica Naudita.

Rica Naudita sebagai perwakilan tim mengaku bahwa mereka mengangkat topik tentang “Pestisida Alami untuk Membasmi Hama Serangga Belalang di Tanaman Jagung”. Pengangkatan judul ‘LIAC (Lisolic, Acetogenin) sebagai Pembasmi Hama Serangga pada Tanaman Zea Mays di Bayuwangi’ itu bukan tanpa alasan. Mahasiswa yang lahir di Trenggalek pada 17 Juni 1998 itu menyatakan bahwa banyaknya penggunaan pestisida berbahan kimia di dunia pertanian saat ini dapat berdampak terhadap pencemaran lingkungan. Pemakaian insektisida kimia yang berlebihan dalam kondisi sekarang akan menyebabkan perubahan iklim. Sehingga membuat serangga yang dibasmi bersifat resistan dengan pestisida kimia.

“Bukan hanya meracuni hama serangga, namun pestisida kimia itu juga dapat meracuni para petani yang akan berdampak pada kesehatan mereka dan penduduk sekitar. Sehingga kami berinisiatif untuk menciptakan pestisida alami dari daun talas dan kulit bawang merah yang mudah diterapkan oleh petani,” jelas mahasiswa FKM angkatan 2016 itu.

Dalam persiapan lomba tersebut, Rica, sapaan akrabnya menceritakan bahwa dia dan kedua anggota timnya mengalami kesulitan dalam keterbatasan waktu untuk berdiskusi mengenai penelitiannya. Hal itu dikarenakan selain mempersiapkan perlombaan, beberapa anggotanya juga sedang melakukan PKL.

“Namun dengan belajar dari kegagalan lomba di event sebelumnya, hal itu memotivasi kami untuk terus maju meskipun hanya berdiskusi via online. Dan Alhamdulillah kami dapat membrikan kontribusi yang terbaik bagi almamater dengan mengalahkan 18 finalis dari seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Penulis : Nikmatus Sholikhah

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu