Latih Mahasiswa Baru Tulis PKM, FF UNAIR Adakan Science Week

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Para peserta aktif memromosikan poster hasil inovasinya kepada sivitas akademika FF UNAIR yang hadir. (Foto: Sukma Cindra)

UNAIR NEWS – Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah salah satu kesempatan besar bagi mahasiswa untuk berinovasi. Selain memberi peluang bagi mahasiswa untuk saling berkompetisi di PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional), mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk memperluas jejaring dan informasi.

Demi mempersiapkan mahasiswa baru untuk berlaga di ajang PIMNAS, BEM Fakultas Farmasi UNAIR berinovasi dengan mengadakan Science Week. Acara yang diikuti oleh para mahasiswa baru FF UNAIR ini berlangsung pada tanggal 17 sampai 22 November 2019 di lobby FF UNAIR.

“Garis besar acara ini adalah mengajak mahasiswa untuk membuat karya PKM kemudian dilombakan seangkatan dan dipamerkan untuk dilihat oleh civitas akademika FF Unair, lokasinya di lobby FF Unair. Acara ini dimulai dengan presentasi PKM dan dilanjutkan pameran karya poster tiap proposal selama satu minggu,” buka Favian Rafif Firdaus, Kepala Departemen Keilmuan BEM FF UNAIR.

Tujuan diadakannya acara ini adalah melatih mahasiswa agar berani menuangkan idenya dalam bentuk karya tulis dan melatih softskill mahasiswa baru. Para peserta diajak untuk mencari pengalaman dalam hal presentasi dan public speaking untuk meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, tipe pameran dipilih untuk menciptakan interaksi lebih antara peserta dengan seluruh sivitas akademika FF UNAIR.

“Para mahasiswa baru juga merasa puas dan senang karena mereka merasa dilatih untuk menuangkan idenya dalam bentuk tulisan sejak dini,” tutur Favian.

“Dampak positifnya adalah mereka akan terbiasa menuliskan ide dengan terstruktur, terutama untuk skripsi nantinya,” lanjutnya.

Respon antusias dari para peserta terlihat dari beragamnya topik dan tema inovasi yang diusung dalam acara ini. Selain itu, interaksi antara peserta dan para sivitas juga berlangsung dengan akrab dan baik.

“Kami berharap mahasiswa bisa menerapkan ilmu kepenulisan ilmiah ini untuk mengikuti PKM tahun depan dan semakin terbiasa untuk mengembangkan setiap ide yang dimiliki. Semoga fakultas bisa mengembangkan bibit unggul yang sudah dimiliki dengan sebaik-baiknya,” tutup Favian. (*)

Penulis : Sukma Cindra Pratiwi

Editor : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu