Hebat, Mahasiswa FH UNAIR Pertahankan Piala Debat Ketua MA Berturut-Turut

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Mahasiswa FH UNAIR Pertahankan Piala Debat Ketua MA Berturut-Turut. (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Mempertahankan gelar juara memang tidak mudah. Namun hal itu bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Hal tersebut berhasil dibuktikan oleh tim debat Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH UNAIR) di bawah naungan BSO Masyarakat Yuris Muda Airlangga (MYMA). Mereka berhasil mempertahankan gelar juara umum dalam lomba debat piala bergilir Mahkamah Agung selama dua kali berturut-turut.

Lomba debat yang diadakan di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut diselenggarakan pada 15-17 November 2019. Dengan tim debat berjumlah tujuh orang yaitu Alip Pamungkas (2017), Agatha Geraldhine (2017), Ardhana Christian Noventri (2018), Qona’aha Noor Maajid (2018), Patr icia Inge Felany (2018), dan Nola Alfiona (2018). Peserta debat pada lomba itu sendiri terdiri dari 15 tim dari mahasiswa fakultas hukum di seluruh Indonesia seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Pelita Harapan Surabaya (UPH), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Sriwijaya (UNSRI), dan beberapa kampus lain.

Alip Pamungkas ketua delegasi lomba mengungkapkan mereka mempersiapkan lomba debat sekitar satu bulan dengan jam latihan yang cukup menyita jam kuliah.

“Untuk persiapan lomba debat ini hampir satu bulanan penuh. Latihannya itu dari pagi sampai jam sebelas malam itu setiap hari. Terkadang sampai menyita jam kuliah untuk kami jadikan waktu konsultasi dengan dosen,” ungkap Alip.

Alip menjelaskan banyak suka dan duka yang dialami ia bersama delegasi yang lain selama mempersiapkan lomba debat tersebut.

“Sukanya itu kita bisa mendapat pengetahuan lebih dibanding anak-anak yang nggak ikut lomba. Terus bisa kenal dekat dengan dosen juga profesor. Kalau untuk duka, jadi jarang bisa main dengan teman-teman, jarang bisa pulang kampung, dan sedikit keteteran sama tugas-tugas kuliah,” ujarnya.

Alip juga memberikan tips bagi yang ingin menggikuti lomba debat hukum nasional adalah dengan cara melatih kemampuan diri terus menerus.

“Untuk teman-teman yang mau ikut lomba debat tipsnya adalah dengan menumbuhkan kemauan dulu. Terus, tentu harus memperdalam materi. Setelah itu latihan dengan teman terus-menerus pasti nanti akan bias. Pokoknya jangan takut terlebih dahulu, jangan bilang nggak bisa sebelum mencoba,” ungkap Alip. (*)

Penulis : Sugeng Andrean

Editor : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu