UNAIR Boyong Tiga Gelar Juara di Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia 2019

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
TIM Delegasi UNAIR dalam KMI EXPO 2019. (Foto: Istimewa)
TIM Delegasi UNAIR dalam KMI EXPO 2019. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Tiga tim delegasi Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil menyabet gelar juara dalam ajang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2019. Pada ajang tersebut delegasi UNAIR yang berjumlah 19 mahasiswa tergabung dalam empat tim, yakni Haira Nusantara, Biozfer, Ayam Djoeprek, dan Iwakopedia.

Event KMI Expo 2019 berlangsung pada (22-25/11/2019) di Batam. KMI Expo merupakan Kompetisi Mahasiswa Wirausaha tingkat Nasional yang diselenggarakan secara rutin tiap tahun oleh Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). Prestasi yang diraih adalah Juara I KMI AWARD di bidang industri Kreatif oleh tim Haira Nusantara, Juara II KMI AWARD di bidang industri makanan dan minuman oleh tim Ayam Djoeprek, serta Juara III Profesional Launching oleh tim Biozfer.

Menurut Salsyabila Putri Pratama selaku perwakilan dari tim Haira Nusantara, mereka mengikuti ajang tersebut sebagai tahap pengembangan bisnis dan mem-branding Haira ke khalayak umum. Kompetisi KBMI, lanjut dia, sejalan dengan Noble Purpose dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami dan memiliki dampak sosial.

“Keunikan tim Haira adalah mengangkat tema Nusantara di bidang face and body care dan dengan memanfaatkan khasiat dari rempah-rempah asli Indonesia. Hal tersebut kami lakukan juga sebagai pemanfaatan kekayaan Nusantara yang unggul,” ungkap mahasiswa S1 Sistem Informasi itu.

Delegasi UNAIR tim Ayam Djoeprek berupa penambahan inovasi baru pada produk makanan ayam geprek dengan memberikan toping yang unik. Selain itu, pemberian toping seperti jamur, telur, mozzarella akan memberikan efek bagi kesehatan yang baik, namun cita rasanya tetap nikmat.

Sedangkan tim Biozfer merupakan marketplace pertama yang menyediakan alat dan bahan penelitian mulai tabung reaksi hingga isolat mikroba. Biozfer menjadi Apps terpercaya karena mencantumkan spesifikasi yang jelas tentang alat yang dijual dan laboratorium terpercaya yang dapat menyediakan alat dan bahan penelitian.

Biozfer hadir dalam bentuk aplikasi android yang juga berisi B-Magz (artikel), B-Caster (podcast), B-Talk (video). Hadirnya aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah mahasiswa, dosen maupun saintis dalam mencari alat dan bahan penelitian serta laboratorium terpercaya yang dibutuhkan untuk keperluan riset.

“Menyandang status mahasiswa merupakan sebuah kesempatan untuk berkarya dan mengembangkan inovasi baru. Sangat banyak kompetisi yang dapat membantu untuk merealisasikan ide kalian, maka dari itu tetaplah berkarya dengan tulus dan serius, tidak ada hal remeh jika kita bersungguh-sungguh,” pungkas Salsyabila. (*)

Penulis: Muhammad Wildan Suyuti

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu