Ikut MUSDEGA Agar “Dilirik” dan Dapat Dirikan Komikat Pramuka

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

UNAIR NEWS – Meski belum ada naungan organisasi Pramuka di tingkat PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi (UNAIR Banyuwangi), bukan berarti tak dapat mencari pengalaman tentang pramuka. Seperti halnya Shinta Ningrum Widia Ningsih, Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat tahun 2018 yang mampu menghadiri kegiatan wajib tahunan organisasi Pramuka yang terselenggara di Universitas Airlangga di Surabaya pada pertengahan bulan lalu.

Musyawarah Pandega (MUSDEGA) merupakan kegiatan rutin Pramuka yang dilakukan setahun sekali untuk membahas perkembangan program kerja (Proker), pemilihan kader dan kepala bidang. Selain itu, kegiatannya dilanjutkan dengan dua sidang. Pertama sidang Komisi A berisikan organisasi dan alur adat racana. Kedua sidang Komisi B berisikan progrm kerja dan pola pembinaan.

Pada kegiatan tersebut, mahasiswa yang biasa dipanggil Shinta itu datang sebagai tamu racana perwakilan UNAIR Banyuwangi. Pada saat ditemui tim UNAIR NEWS pada pekan lalu, Shinta mengatakan bahwa alasan ia ikut yakni ingin merintis berdirinya Pramuka di PSDKU UNAIR Banyuwangi bersama teman-temannya.

“Saya mengajak yang teman-teman lainnya untuk merintis dari bawah agar bisa ada Komikat Pramuka, insyaallah, di instansi Kampus PSDKU ada pramuka,” jelasnya.

Pada kegiatan tersebut, rupanya Shinta juga menanyakan bagaimana Status Pramuka di PSDKU UNAIR Banyuwangi

“Karena setiap anak yang sudah di PTR (penerimaan tamu racana) harus mengikuti kegiatan selanjutnya seperti MUSDEGA ini , saya juga menanyakan akan status Pramuka yang di PSDKU serta lebih mengenal lagi apa Dewan Racana yang di Universitas Airlangga serta alur adatnya,” tambahnya

Shinta juga mengungkapkan bahwa banyak hal yang ia dapat. Mulai dari bagaimana alur upacara sampai adat-adatnya. Perlu diketahui juga bahwa hal tersebut merupakan pertama kali PSDKU Unair Banyuwangi bisa nimbrung hadir di acara MUSDEGA Pramuka UNAIR.

Pada akhir pertemuan, ia sekali lagi berharap, setelah ini ia dan teman-temannya bisa mendirikan Komikat Pramuka di PSDKU UNAIR Banyuwangi.

“Harapan saya setelah ini, saya bisa membuat Komikat di PSDKU ini,mewujudkan keinginan teman-teman pramuka yang menginginkan adanya komikat pramuka dan bisa mengikuti tahap selanjutnya untuk menjadi anggota Dewan Racana,” pungkasnya dengan penuh harap. (*)

Penulis: Rista Novianti
Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu