Fakultas Psikologi Kenalkan Program Doctor by Research dengan Acara Open House

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dr. Rahkman Ardi, M.Psych. saat memberikan materi tentang cara menyiapkan rancangan riset disertasi dalam acara Open House, Talkshow, Workshop, dan Research Expo pada Sabtu (23/11/2019) di Aula Excellence with Morallity Lantai 3 Fakultas Psikologi UNAIR. (Foto: Anugrah Visar Rahman)
Dr. Rahkman Ardi, M.Psych. saat memberikan materi tentang cara menyiapkan rancangan riset disertasi dalam acara Open House, Talkshow, Workshop, dan Research Expo pada Sabtu (23/11/2019) di Aula Excellence with Morallity Lantai 3 Fakultas Psikologi UNAIR. (Foto: Anugrah Visar Rahman)

UNAIR NEWS – Program Studi Doktor Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar acara Open House, Talkshow, Workshop, dan Research Expo di Aula Excellence with Morallity Lantai 3 Fakultas Psikologi UNAIR. Berangkat dari Peraturan Rektor No. 36 Tahun 2017, UNAIR terus meningkatkan upaya untuk menjalankan program Doctor by Research.

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Preparing Doctoral Journey” dilaksanakan pada Sabtu (23/11/2019) dari pukul 08.00 sampai dengan 14.00 serta dihadiri peserta dari berbagai daerah. Sebagian besar peserta yang hadir berasal dari dosen dan beberapa yang lain terdiri atas guru, praktisi psikolog, mahasiswa dan lulusan S2 yang berencana langsung melanjutkan pendidikan ke jenjang S3.

Peserta yang hadir tidak hanya mendapatkan materi yang disampaikan. Mengingat, kegiatan Open House merupakan sarana sosialisasi mengenai keunggulan prodi dan turut dilatarbelakangi oleh kepedulian terhadap banyaknya mahasiswa doktoral yang mengalami kesulitan serius dalam menyelesaikan studi, dikarenakan kurang matangnya persiapan di awal.

Dr. Wiwin Hendriani, S.Psi., M.Si. selaku Ketua Program Studi Doktor Psikologi UNAIR, mengungkapkan latar belakang adanya kegiatan itu adalah mendorong sosialisasi dan publikasi kepada masyarakat tentang program baru, yaitu S3 by Research. Sebab, berdasar hasil akreditasi yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Prodi Doktor Psikologi UNAIR mendapatkan nilai A, salah satu yang terbaik dari 3 lainnya. Yaitu, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Padjajaran.

“Alasan mengapa harus diperkenalkan program S3 by Research itu sendiri, dikarenakan proses studi yang berbeda tidak menggunakan metode perkuliahan seperti pada umumnya, sehingga diharapkan nantinya mahasiswa doktoral akan bisa beradaptasi,” imbuhnya.

Dr. Rahkman Ardi, M.Psych. salah satu pemateri pada acara tersebut mengatakan kegiatan tersebut bermanfaat karena peserta akan mengerti apa yang seharusnya dilakukan untuk merumuskan rancangan riset disertasinya. Masih banyak ditemui mahasiswa doctoral yang belum paham dengan prodi tersebut. Karena itu, sering ditemukan banyak yang mengundurkan diri karena memiliki stress dan kecemasan yang tinggi. Karena itu, perlu ada strategi yang tepat dalam bekerja sama dengan promotor dan ko-promotor untuk mendapatkan hasil riset yang memuaskan. (*)

Penulis: Anugrah Visar Rahman

Editor: Feri Fenoria Rifa’i

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu