Psikolog UNAIR Beri Motivasi untuk Mahasiswa Baru Penerima Bidikmisi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Herdina Indriati, M.Psi. Psikolog saat memberikan motivasi untuk mahasiswa baru penerima Bidikmisi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Bantuan tersebut diberikan pemerintah untuk menggenjot agar angka sarjana di setiap keluar naik

Namun tak jarang di dalam perjalanannya, mahasiswa Bidikmisi menemukan berbagai kendala. Tuntutan akademik dan keluarga kadang-kadang cukup berdampak terhadap kelangsungan perkuliahan.

Untuk itu, Herdina Indriati, M.Psi. Psikolog, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga menyampaikan kiat-kiat untuk memotivasi diri mahasiswa, khususnya mahasiswa Bidikmisi. Ditemui UNAIR NEWS, Dosen TPK UNAIR tersebut menjelaskan bahwa untuk dapat memotivasi diri agar lebih semangat menjalani perkuliahan ditengahhimpitan ekonomi, hal paling penting yang dapat dilakukan oleh mahasiswa yaitu mengidentifikasi persoalan selama kuliah.

“Berbagai masalah pasti datang silih berganti, mahasiswa mungkin saja bisa bercerita kepada teman, keluarga dan dosen wali untuk dapat memecahkan masalahnya,” ujarnya.

Mahasiswa baru, jelasnya, dengan berbagai perbedaan, terutama perbedaan lingkungan SMA dan Perguruan tinggi, tuntutan cara seseorang dalam menyikapi masalah akan membuat kita semakin dewasa. Ia juga menyebut, ingin melakukan sesuatu dan memotivasi diri sendiri untuk benar-benar melakukannya adalah dua hal yang berbeda. Motivasi diri yang ada sejak bertahun-tahun tetapi tidak pernah tercapai tujuannya adalah salah satu akibatnya.

“Motivasi diri adalah kekuatan yang terus mendorong kita untuk terus mencapai, menghasilkan, mengembangkan, dan terus bergerak maju,” jelasnya. “Ketika anda berpikir untuk menghentikan sesuatu, atau anda tidak tahu bagaimana memulainya, motivasi diri lah yang mendorong Anda untuk terus maju,” imbuhnya.

Pada akhir, ia juga mengatakan ada empat faktor yang diperlukan untuk membangun motivasi diri yaitu percaya diri dan self-efgicacy atau keyakinan diri memiliki kemampuan tindakan yang diharapkan, berpikir positif, dan berpikir tentang masa depan, fokus dan memperkuat goal, dan terakhir lingkungan yang memotivasi.

Penulis: Muhammad Suryadiningrat

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu