BEM FIB Tingkatkan Minat Menulis Mahasiswa dengan Gelar Kelas Pelatihan LKTI

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Shinta Devi Ika Santhi Rahayu, S.S., M.A saat menyampaikan materi pada saat Kelas Pelatihan LKTI di Ruang Siti Parwati, pada Jum’at (22/11/2019). (Foto: Rissa Ayu F)

UNAIR NEWS – Kementerian Akademik dan Prestasi Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (BEM FIB) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar Kelas Pelatihan Karya Tulis Ilmiah, pada Jum’at (22/11/2019) di Ruang Siti Parwati. Kegiatan itu mengundang beberapa dosen seperti Shinta Devi Ika Santhi Rahayu, S.S., M.A, Pujo Sakti Nur Cahyo, M. Hum dan Usma Nur Dian Rosyidah, S.S., M.A.

“Pelatihan ini diadakan untuk menunjang minat mahasiswa khususnya untuk menulis karya ilmiah, melihat kita sebagai Fakultas Ilmu Budaya (FIB) yang banyak jurusan sastra yang seharusnya memiliki minat menulis tinggi,” ujar Nilna Maulida selaku ketua pelaksana.

Kelas pelatihan LKTI berlangsung tiga sesi yang setiap sesi diisi dengan materi yang berbeda mulai dari Kepenulisan dan EYD, Pengetahuan tentang Plagiarisme, dan Sistematika Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Nilna menyebutkan kegiatan ini menjadi agenda tahunan dari Kementerian Akademik dan Prestasi untuk menunjang minat menulis mahasiswa khususnya di FIB.

“Setiap tahun itu banyak sekali lomba karya tulis ilmiah, oleh karena itu tujuan jangka pendeknya kami ingin mengedukasi teman-teman mengenai sistematika penulisan KTI yang benar. Selain itu dalam jangka panjang kami juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah mahasiswa FIB yang mengikuti berbagai lomba karya tulis ilmiah utamanya PKM,” tambahnya.

Nilna mengatakan minat mahasiswa FIB untuk mengikuti lomba karya tulis mengalami penurunan pada tahun ini, sehingga perlunya diperbanyak kelas kepenulisan seperti ini. Kelas Pelatihan Menulis itu diselenggarakan dengan serangkain acara pelatihan menulis cerpen, menulis puisi, dan yang terakhir pelatihan menulis karya ilmiah.

“Kami berusaha memberikan wadah untuk teman-teman FIB meng-upgrade diri dengan mengikuti kelas kepenulisan, ketika teman-teman dari Fakultas Sains dan Teknologi meningkatkan kemampuan dengan belajar berbagai teknologi baru, seyogyanya kita sebagai mahasiswa FIB mengembangkan diri lewat skill kepenulisan,” pungkasnya.

Nilna mengatakan di FIB sendiri banyak terdapat komunitas yang menekankan pada kepenulisan, selain itu dari pihak fakultas utamanya para dosen sangat menekankan untuk mahasiswa mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) sebagai ajang kepenulisan bergengsi. (*)

Penulis: Rissa Ayu F

Editor: Khefti Al Mawalia

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu