Ilmuan UNAIR Temukan Kandungan Senyawa Anti Kanker dalam Tumbuhan Mahang Merah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Feri Fenoria R

UNAIR NEWS – Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga kembali melakukan penelitian tanaman mahang merah. Tumbuhan itu banyak ditemukan di daerah Kalimantan dan seringkali dimanfaatkan sebagai kayu bakar. Namun seiring perkembangannya, tanaman itu mengandung senyawa metabolit sekunder yang bervariasi, seperti flavonoid dan stilbenoid.

Dra. Tjitjik Srie Tjahjandarie, Ph.D mengatakan bahwa  tanmana itu berpotensi mempunyai aktivitas sebagai obat antikanker. Kandungan itu menunjukkan adanya kandungan senyawa metabolit sekunder yang aktif, seperti golongan flavonol yang terisoprenilasi dan sangat aktif terhadap sel kanker darah (sel murin leukemia P 388).

“Hasil pengujian terhadap berbagai sel kanker di atas, menunjukkan bahwa senyawa Flaventin K yang ditemukan mempunyai aktivitas yang tinggi terhadap sel kanker rahim (sel HeLa) dan tidak aktif terhadap sel kanker lainnya,” ungkap Tjitjik.

Temuan senyawa itu, terangnya telah diujiakn pada tiga sel kanker. Yaitu sel kanker rahim Hela, sel kanker usus WiDr dan sel kanker payudara T47D. Melihat hasil tersebut, Tjijik mengatakan bahwa hasil penelitian itu memberikan prospek yang sangat bagus bagi dunia kesehatan dalam menemukan obat anti kanker yang berbasis pada bahan alam yang lebih aman.

“Penemuan itu memberikan titik cerah bagi para wanita yang sangat rawan terhadap penyakit kanker rahim,” tandasnya.

Selama ini, ujarnya, pengobatan terhadap kanker rahim dilakukan dengan menggunakan obat dari golongan senyawa pengalkilasi, antimetabolit, antikanker produk alam, hormon, dan golongan lain-lain. Di antara obat antikanker tersebut, obat kanker yang berbasis bahan alam lebih disukai oleh penderita kanker karena dianggap lebih aman.

“Ini bisa menjadi obat alternatif bagi penderita kanker,” pungkasnya. (*)

Penulis: Khefti Al Mawalia

Editor: Nuri Hermawan

Referensi:

https://www.koreamed.org/article/0228NPS/2019.25.3.244

Tjahjandarie TS , Tanjung M , Saputri RD , Nadar PB , Aldin MF , EvaMarliana , Permadi A. 2019. Flavestin K, An isoprenylated Stilbene from the Leaves of Macaranga recurvata Gage , Natural Product Sciences, 25 (3), 244-247.

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu