Chosing “Chocolate Osing”, Inovasi Produk Usaha Mahasiswa UNAIR Banyuwangi Didanai PPKK

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Chosing “Chocolate Osing”, Inovasi Produk Usaha Mahasiswa UNAIR Banyuwangi Didanai PPKK. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – PPKK atau Pusat Pembinaan Karir dan Kewirausahaan, berperan dalam membina mahasiswa dalam berwirausaha. Salah satu program andalan PPKK adalah PMW.  Program Mahasiswa Wirausaha atau yang lebih sering disebut PMW merupakan salah satu program PPKK Unair yang bertujuan untuk menciptakan wirausaha baru dikalangan mahasiswa.

Program ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa unair dimana rangkaian kegiatannya telah berlansung sejak tanggal 19 februari hingga 30 september 2019. Peserta yang lolos dalam program ini akan didanai PPKK untuk mengembangkan usaha yang dimilikinya sehingga tujuan dari PPKK sebagai lembaga pembinaan karir dan wirausaha mahasiswa dapat tercapai.

Salah satu produk usaha mahasiswa lolos didanai PPKK 2019 yaitu Chosing. Chosing adalah produk usaha dari Fathan Taufiq dan tim, mahasiswa jurusan Akuntansi 2018 UNAIR di Banyuwangi. Usaha ini telah  ia mulai sejak tahun 2018 dimana ia memasarkan produk awalnya ke SD dan SMP didaerah Sobo Banyuwangi.  

Fathan mengatakan usaha chosing ini bermula dari ketertarikannya dengan coklat. Selain itu pangsa pasar yang cukup luas juga menjadi faktor lain untuk menekuni usaha ini.

“Usaha ini berawal dari ketertarikan saya dengan coklat, Chosing merupakan inovasi produk olahan coklat yang memiliki berbagai varian rasa seperti rasa durian, blueberry, melon, nanas, keju, strawberry, apel, oreo, cookies, matcha, tempe, kopi, milo, dan chitato,” ungkapnya

Nama chosing sendiri, jelasnya, ia ambil dari kepanjangan chocolate osing yang berarti coklat khas dari suku osing Banyuwangi. Sesuai namanya ia berharap chosing dapat menjadi pilihan utama masyarakat banyuwangi dan juga sebagai pilihan buah tangan para wisatawan yang pernah berkunjung ke Banyuwangi. Lanjutnya, ia akan memanfaatkan dana usaha dari PPKK untuk membeli alat dan bahan yang dapat menunjang proses produksi.

“Saya sangat bersyukur dapat lolos PMW tahun ini sehingga dananya nanti dapat saya gunakan untuk meningkatkan produksi, packaging dan pembelian alat serta bahan,” jelasnya

Saat ini produk chosig dapat dipesan secara online di Instagram @chosing26, dan ada potongan pembelian untuk mahasiswa unair sebanyak 30% dengan hanya menunjukkan KTM. (*)

Penulis: Dewi Masluqiyah

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu