Ahli: Protein Ghrelin Sintesis, Protein Buatan Sebagai Pengatur Keseimbangan Energi Ayam Pedaging

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi oleh Feri Fenoria R

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) tidak berhenti untuk berupaya meningkatkan publikasi Internasional dengan melakukan berbagai penelitian. Kali ini Dr. Nove Hidajati, M.Kes., Drh, dosen Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UNAIR melakukan penelitian bertajuk “Komposisi Asam Amino Protein Ghrelin dan Neuropeptida Y sebagai Dasar dari Pengatur Keseimbangan Energi pada Ayam Broiler”.

Menurutnya, saat ini belum ada pengetahuan yang menunjukkan hubungan antara gherlin (hormon pemberi sinyal rasa lapar dan kenyang ke otak, red), reseptor ghrelin, NPY, dan implikasi dari ghrelin pada kontrol keseimbangan energi dengan jelas. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk membuat ghrelin sintesis sebagai bahan sumber protein ghrelin yang dapat digunakan untuk mengatur keseimbangan energy dan pertumubuhan ternak.

“Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan berat molekul protein ghrelin sebagai dasar untuk menentukan komposisi asam amino dari protein ghrelin dan selanjutnya untuk membuat protein ghrelin sintetis yang fungsinya adalah untuk mengontrol keseimbangan energi dalam ayam broiler,” jelas dosen yang akrab disapa Dr. Nove tersebut.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa protein ghrelin memiliki berat 44 kDa. Susunan protein ghrelin terdiri dari methionine, phenylalanine, leucine, arginine, valine, isoleucine, leucine atau mflrvil.

“Hasil protein ghrelin sintesis adalah peptide 1-Crude Purity of HPLC dengan sequen mflrvil,” lanjutnya.

Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dapat dibuat protein ghrelin sintesis berdasarkan susunan asam amino protein ghrelin. Protein ghrelin sintesis tersebut kemudian dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat pakan yang dapat mengatur keseimbangan energi hewan ternak.

“Apabila keseimbangan energi semakin baik, efisiensi pakan semakin meningkat sehingga kebutuhan pakan akan menurun,” pungkasnya.

Penulis: Galuh Mega Kurnia

Editor: Nuri Hermawan

Referensi :  Hidajati, N., Damayanti, R. & Ma’ruf, A., 2019. The composition of the amino acids protein ghrelin and neuropeptide y as the basis for regulating energy balance in broilers. EurAsian Journal of BioSciences, 13(2), pp. 729-732.

Link : http://www.ejobios.org/article/the-composition-of-the-amino-acids-protein-ghrelin-and-neuropeptide-y-as-the-basis-for-regulating-7161

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu