Magang Staf Muda KM, Momen Menanam Bibit Reorganisasi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dari Kiri, Bondan Sigit selaku Ketua KM dan Muhammad Hanif salah satu staf Departemen Kastrat, saat memberikan orasi kepada seluruh pengurus KM di acara penutupan Magang KM (Foto : Ananda Wildhan)

UNAIR NEWS – Setelah diresmikan bergabung dengan kepengurusan kabinet Harmonis Keluarga Mahasiswa (KM) PSDKU UNAIR di Banyuwangi periode 2018-2019 pada Jumat (20/9), peserta magang staf muda KM telah mencapai 2 bulan masa kerjanya, dan tepat pada Minggu (10/11) puluhan staf muda KM diluluskan dalam kegiatan Magang KM.

Momen kelulusan staf muda KM tersebut, dibalut dengan kegiatan pemaparan materi seputar leadership dari Wakil Ketua KM dan dilanjutkan presentasi setiap Departemen yang dilakukan oleh staf muda.

“Pada sore hari ada materi dari Melan Argarini selaku Wakil Ketua KM, kemudian malam harinya lanjut presentasi tiap Departemen, untuk mereka menjelaskan apa saja yang telah diperoleh selama 2 bulan magang di KM,” jelas Wilda Gusfi, Ketua Pelaksana Magang KM.

Program kerja Magang KM yang dikendarai oleh Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM) tersebut, dirasa Wilda telah sesuai ekspektasi awal dari Departemen PSDM sendiri.

Alhamdulillah sesuai ekspektasi, karena memang kami berharap staf magang sudah paham tentang apa yang akan dipresentasikan. Otomatis mereka menyimak selama proses magang di KM ini, baik dalam penyelesaian studi kasus atau langsung turun ke program kerja di tiap Departemen,” ujar mahasiswa Akuntansi tersebut.

Staf muda Departemen PSDM saat mempresentasikan hasil kegiatan Magang KM (Foto : Ananda Wildhan)

Selaku staf divisi Kaderisasi PSDM, Wilda berharap kepada lulusan staf muda KM, bahwa mereka harus selalu memiliki planning ke depan, serta berkemauan untuk melanjutkan tongkat estafet kepengurusan KM di periode selanjutnya atau di organisasi lain.

Kemudian, penutupan Magang KM yang turut dihadiri oleh seluruh pengurus KM tersebut, diakhiri dengan pemberian reward kepada “Best Staf” di tiap Departemen. Dengan tujuan untuk mengapresiasi dan menambah semangat staf muda dalam berorganisasi kedepannya.

Diungkapkan oleh Febri Kurniawan, salah satu Best Staf dari Departemen Informasi & Relasi Publik (IRP), bahwa ia beruntung bisa tergabung dalam program Magang KM, karena ia dapat berproses lebih dini dan mengenal keluarga baru.

“Ada dua keuntungan yang saya dapat dari Magang KM, terutama dari Departemen IRP, pertama yaitu ilmu tentang pengelolaan informasi dan yang kedua yaitu keluarga baru. Karena disini saya tidak hanya mendengarkan tapi juga dituntut untuk berinteraksi, salah satunya dengan diskusi,” ungkap mahasiswa Akuakultur 2019 tersebut.

Selaku Ketua KM periode 2019, Bondan Sigit turut memberikan apresiasi kepada Departemen PSDM atas kerja kerasnya dalam mempersiapkan program kerja Magang KM, serta turut memohon maaf kepada staf muda KM jikalau terdapat kurangan selama proses Magang.

“Magang KM merupakan salah satu proses kaderisasi, disini kami menampung dan merealisasikan gagasan pengurus muda. Tak hanya itu, staf muda kami setting untuk lebih tau tentang KM daripada mahasiswa lain, jadi saya harap kalian dapat melanjutkan tongkat estafet KM, karena KM adalah organisasi muda yang perlu banyak pengembangan,” ujar Bondan pada sambutan penutupan Magang KM. (*)

Penulis : Bastian Ragas

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu