Tips dan Trik Meningkatkan IPK ala AUBMO UNAIR Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Penyampaian tips and trik dalam kegiatan Mentoring IPK. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Organisasi Bidikmisi Universitas Airlangga (AUBMO) Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) bersama Kemahasiswaan Universitas Airlangga, kembali menyelenggarakan kegiatan rutin mentoring IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) setiap semester bagi mahasiswa Bidikmisi yang memiliki IPK di bawah 2,75 bagi saintek dan di bawah 3,00 bagi soshum.  Kegiatan tersebut bertempat di ruang A101 Kampus Giri pada akhir pekan lalu.

Kegiatan tersebut dibuka dengan sambutan perwakilan Kemahasiswaan Universitas Airlangga. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi mentoring IPK oleh Faisal Fikri, drh., M.Vet, berjudul Tips dan Trik Meningkatkan IPK. Kunci sukses dalam meningkatkan IPK utamanya meliputi 8 hal.

“Hal tersebut meliputi adanya motivasi untuk berprestasi, menahan untuk tidak melakukan perbuatan tidak baik, mengelola diri dengan tertib, memahami karakter Dosen, jalin komunikasi yang baik dengan teman, berdoa dengan penuh harapan, bersyukur atas nikmat yang dimiliki, serta menghormati dosen sesuai dengan amalnya,”jelas Dosen yang akrab disapa Faisal tersebut.

Seseorang yang cerdas mampu mempersiapkan diri (manajemen diri) dalam setiap aktivitasnya. Cerdas meliputi intelektual, emosional serta spiritual. Selain itu, manajemen proses belajar juga menjadi suatu hal yang penting. Manajemen proses belajar tersebut meliputi pra, saat, dan pasca kegiatan kuliah.

“Membaca materi perkuliahan yang akan diberikan dan membuat pertanyaan tentang materi yang tidak dimengerti, kemudian memperhatikan dan membuat ringkasan materi perkuliahan, setelah itu membaca kembali ringkasan yang telah di buat, adakan Diskusi kelompok serta Evaluasi hasil belajar tersebut,”lanjutnya.

IPK menjadi kunci utama menghantarkan pada gerbang kesuksesan, dengan begitu sudah seharusnya seorang Bidikmisi yang telah dibiayai oleh pajak masyarakat, mempertanggungjawabkan hal tersebut. Karena masyarakat telah memberikan amanah untuk lulus tepat waktu agar menjadi orang yang berguna bagi masyarakat. Di akhir, dijelaskan 4 resep Sukses ala Napoleon Hill.

“Pertama, tuliskan dengan jelas dan singkat apa yang anda inginkan dalam hidup (cita-cita), kembangkan garis besar rencana anda untuk mencapai tujuan, tetapkan jadwal yang pasti kapan tujuan anda akan di capai, semangat mencapai tujuan utama dan rencana anda,” tutupnya(*)

Penulis: Athiya Adibatul Wasi

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu