Fakultas Vokasi Gelar Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu mahasiswa saat proses seleksi mawpres Fakultas Vokasi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Dalam upaya mencari mahasiswa-mahasiswa berprestasi dan potensial untuk lolos ke Mawapres Nasional, Fakultas Vokasi kembali mengadakan agenda tahunan yaitu Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat fakultas yang telah berlangsung pada Jum’at pekan lalu. Bertempat di gedung A Fakultas Vokasi UNAIR, kegiatan itu diikuti oleh 35 mahasiswa dari berbagai program studi di Fakultas Vokasi. 

Mawapres pada dasarnya merupakan lomba yang diadakan oleh Kementrian Riset Teknologi  dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) yang mempertandingkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Untuk menjadi peserta dan mewakili perguruan tingginya, kandidat harus lolos Mawapres tingkat fakultas dan universitas terlebih dahulu.

Menurut Riky Tri Yunardi, S.T., M.T., selaku juri prestasi dalam pemilihan Mawapres tingkat fakultas. Menurutnya, dari beberapa peserta yang ikut Mawapres, ia menilai bahwa semuanya memiliki kualitas yang bagus dan punya banyak prestasi.

“Jadi kita agak sulit untuk menilai. Hari ini kita sudah meluangkan waktu satu hari untuk melakukan kegiatan penjurian yang terdiri dari penjurian Bahasa Inggris, Prestasi, Karya Tulis Ilmiah dan Kepribadian dari situ banyak sekali nilai – nilai yang kita ambil untuk menentukan kandidat – kandidat yang akan di ikutkan seleksi Mawapres tingkat universitas,” ungkapnya.

Selanjutnya, yang membuat ia berkesan dan interest adalah mahasiswa yang punya pengalaman keluar negeri. Baginya, hal itu sebagai parameter juri bahwa mahasiswa tersebut berani mengeksplorasi diri tidak hanya di lingkungan nasional ataupun loka,l tapi sudah sampai ke internasional.

“Hal itu ditunjukkan bisa dengan mengikuti pertukaran pelajar, mengikuti seminar internasional maupun mengikuti pelatihan – pelatihan lain yang diikuti diluar negeri,” imbuhnya. “Harapan saya kedepanya universitas maupun fakultas harus mewadahi bagi mahasiswa yang potensial kemudian di maintenance, bagaimana agar dia tetap aktif berprestasi,” pungkasnya.

Penulis: Rio Meka Rizqi 

Editor: Nuri Hermawan 

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu