Dukung UNAIR, HMA Kurangi Sampah Plastik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Dukung Program UNAIR Dalam Mengurangi Sampah Plastik, HMA Makan Bersama Dengan Daun– (Foto: Arsip HMA)

UNAIR NEWS – Sampah plastik menjadi permasalahan lingkungan yang serius untuk dibahas. Berbagai pihak berupaya untuk berpartisipasi dalam hal pengurangan sampah plastik. Tak terkecuali Universitas Airlangga juga melakukan gerakan mengurangi sampah plastik.

Program mengurangi sampah plastik tersebut, dicanangkan pada awal semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Dalam memulai program tersebut, seluruh mahasiswa baru Universitas Airlangga diwajibkan membawa tumbler untuk mengurangi sampah plastik dari produk air minum dalam kemasan.

Mendukung program pengurangan sampah plastik tersebut, Kampus Universitas Airlangga yang ada di Banyuwangi juga berupaya mengurangi sampah plastik. Langkah yang dilaksanakan hampir sama dengan Kampus Surabaya, yakni dengan mewajibkan semua mahasiswa untuk membawa tumbler. Selain mahasiswa, yang menjadi sasaran program tersebut adalah para Dosen, baik yang berasal dari Banyuwangi maupun Surabaya.

Dosen yang biasanya diberikan air minum dalam kemasan gelas plastik saat mengajar, kini hanya diberikan satu gelas air yang dapat di isi ulang. Hal yang sama juga dilakukan ketika menerima tamu – tamu, baik tamu untuk universitas, maupun tamu untuk organisasi kemahasiswaan.

HMA sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan yang ada di PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi, juga mengambil peran dalam program tersebut. Dalam setiap acara yang dilaksanakan, HMA selalu menghindari penggunaan plastik. Seperti acara makan bersama dalam rangka evaluasi satu tahun kepengurusan.

Acara yang dilaksanakan oleh Departemen PSDM HMA itu, dilaksanakan di Lingkungan persawahan Desa Glagah, Banyuwangi, pada Minggu (10/11) yang lalu. Walaupun acara tersebut dilaksanakan diluar lingkungan kampus, akan tetapi program pengurangan sampah plastik tetap dijaga, dengan cara menggunakan daun pisang sebagai alat makan.

“Acara evaluasi satu tahun kepengurusan ini, merupakan serangkaian acara Upgrading HMA, jadi setelah kita evaluasi kita adakan acara makan bersama di Lingkungan Persawahan, agar fikiran kembali segar dan damai. Sebagai upaya mendukung program universitas dalam mengurangi sampah plastik, maka saat acara makan, kami sengaja menggunakan daun sebagai alasnya, bukan kertas minyak, karena mengandung plastik,” terang Bari Bahtiar, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Upgrading HMA.(*)

Penulis : Dian Pratama

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Replay

Close Menu