Tingkatkan Kemampuan, Mahasiswa FKM Banyuwangi Adakan Belajar Lapangan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sesi foto bersama mahasiswa PBL FKM UNAIR Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), tingkatkan softskill dengan adakan kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL). Pengalaman Belajar Lapangan merupakan program kerja dari divisi CAPRE (career preparation) organisasi BPHA (Banyuwangi Public Health Asossiation).  

PBL merupakan kegiatan kunjungan industri atau perusahaan untuk dapat belajar secara langsung dapartemen yang ada di FKM, khususnya K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), dan Kesling (Kesehatan Lingkungan). Kegiatan PBL 2019 dilaksanakan pada Kamis (7/11),  di unit 3 PT POMI PLTU PAITON, Probolinggo, Jawa Timur.

PT POMI (Paiton Operation Maintenance Indonesia) PAITON merupakan salah satu perusahaan pembangkit listrik tenaga batu bara yang memiliki beberapa unit yaitu unit 3,7,8 . Selain mendapatkan materi mengenai K3 dan juga KESLING diruangan, mahasiswa FKM PSDKU UNAIR di Banyuwangi  juga diberikan waktu untuk mengelilingi beberapa unit PAITON untuk dapat melihat secara langsung proses awal kerja hingga pengelolahan limbah yang ada di PAITON.

Saat ditemui UNAIR NEWS, Diana Laili Putri Mahasiswa FKM 2019 berpendapat, kegiatan PBL ini sangat bermanfaat. Baginya, kegiatan itu merupakan pengalaman yang luar biasa. Pasalnya, ia dan tim bisa tau lingkup kerja dari FKM yang beragam.

“Selain itu dapat menambah relasi dengan pihak luar dan pastinya bisa lebih dekat dengan kakak tingkat,”

Antusias mahasiswa FKM dalam mengikuti Kegiatan PBL 2019 sangat luar biasa. Tidak mau kalah dosen pembina BPHA juga ikut serta dalam kegiatan kunjungan serta mendampingi mahasiswa pada saat kunjungan.  Dewi Firdanis ketua pelaksana PBL 2019 mengatakan, PBL adalah suatu kegiatan kunjungan instansi atau perusahaan untuk mempelajari secara langsung beberapa materi perkuliahan yang ada di FKM.”

“Tujuan dari adanya PBL ini adalah untuk menambah serta meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai ilmu lapangan, selain itu mahasiswa juga dapat mengetahui peluang kerja dari seorang FKM itu apa dan dimana saja dan mahasiswa juga mendapatkan peluang baik dari segi informasi dan juga tambahan relasi untuk mempersiapkan karir kedepannya,” jelas Denis sapaan akrab nya.

Pada akhir, ia juga kegiatan bahwa PBL berjalan dengan lancar dan banyak sekali mahasiswa yang antusias untuk mengikuti kegiatan. Pada saat kegiatan sebagian besar peserta aktif bertanya dan banyak peserta yang memberikan kesan pesan pada saat diakhir acara.

“Harapannya kegiatan PBL tetap diadakan setiap tahunnya dan mungkin bisa mengunjugi perusahaan lain untuk  membahas mengenai dapartemen yang ada diFKM dan harapan nya juga semoga kegiatan PBL ini dapat bermanfaat untuk mahasiswa FKM untuk dapat mempersiapkan diri didunia kerja,” ungkap Denis kepada UNAIR NEWS.(*)

Penulis: Desi Natalia

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu