HIMAKUA PSDKU Banyuwangi Ajarkan Teknik Pengambilan Darah pada Ikan Melalui TBRP

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PEMATERI mendemokan teknik pengambilan darah ikan. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa Akuakultur (HIMAKUA) Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi setiap tahunnya memiliki program kerja unggulan berupa edukasi. Terkait hal tersebut, Departemen Keilmuan mewujudkannya melalui Tutor Bersama Raih Prestasi (TBRP).

Ditemui UNAIR NEWS pada (9/11), Rosita Devi selaku ketua pelaksana TBRP memaparkan terkait program kerja tersebut. TBRP merupakan program kerja berupa praktik langsung hal-hal yang tidak dipraktikkan di teori perkuliahan.

“Melalui TBRP kita memberikan fasilitas kepada mahasiswa yang ingin mempraktikkan secara langsung ilmu yang dipelajari. Mungkin saat perkuliahan berlangsung sudah dijelaskan dengan baik, namun masalahnya disini adalah tidak semua mahasiswa memiliki kesempatan tersebut,” ujar mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) tersebut.

Mahasiswa yang akrab disapa Cito tersebut lebih lanjut menjelaskan, TBRP dilaksanakan secara berkelanjutan dengan tema yang beragam pula. TBRP kali ini mengusung tema “Teknik Pengambilan Darah pada Ikan”.

“Terkait tema yang diusung adalah hasil diskusi kami (Departemen Keilmuan, Red) dengan pihak-pihak terkait. Jadi untuk teknik pengambilan darah ikan sangat perlu mahasiswa mengerti dan dapat mempraktikkan langsung,” tandasnya.

TBRP, lanjutnya, melibatkan seluruh mahasiswa FPK dari semua angkatan. Pemateri sekaligus praktikkan yang diundang sesuai disiplin ilmu yang diangkat. Kali ini TBRP mengundang alumni tahun 2015, Efa Wahyuni Pertiwi, S.Pi.

TBRP dilaksanakan di Laboratorium Anatomi PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi. Agar tidak menggangu proses belajar mengajar di kelas, TBRP dilakukan pada sore hari setiap hari Jumat.

“Pemateri yang di undang di TBRP ini disesuaikan dengan apa yang akan disampaikan. Kami biasanya melibatkan dosen dan alumni untuk mengisi acara TBRP,” jelasnya.

Untuk dapat bergabung mengikuti rangkaian TBRP, mahasiswa dapat langsung datang dan melakukan registrasi. Informasi terkait pelaksanaan kegiatan di sebarkan melalui sosial media HIMAKUA.

“Ke depan harapan saya dan tim TBRP terus ada, karena testimoni dari mahasiswa pasca mengikuti kegiatan sangat baik. Dengan begitu mahasiswa dapat mempraktikkan secara langsung disiplin ilmu yang mereka kurang dipahami,” pungkasnya.

Penulis : Dian Putri Apriliani

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).