Raih Prestasi Berkat Ide Keselamatan Kerja Bidang Konstruksi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
DARI KANAN: Rizal Firmansyah dan Novi Pratiwi mahasiswa dari Program Studi D3 Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) usai meraih juara III dan Juara favorit dalam lomba poster tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Forum Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro pada (19/10/2019). (Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Kabar prestasi kembali datang dari sivitas akademika Universitas Airlangga (UNAIR). Kali ini kabar bahagia itu datang dari mahasiswa Fakultas Vokasi UNAIR yaitu Rizal Firmansyah dan Novi Pratiwi mahasiswa dari Program Studi D3 Kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Rizal dan Novi berhasil meraih juara III dan Juara favorit dalam lomba poster tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Forum Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro pada (19/10/2019).

Kompetisi tahunan tersebut merupakan lomba poster tentang penerapan budaya keselamatan dan kesehatan kerja tingkat nasional. Tema yang diangkat dalam perlombaan tersebut adalah “Penerapan Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja”. Dari tema tersebut, mereka berhasil membuat karya poster dengan judul “Bangun Kualitas Kerja dengan SEHAT di Sektor Konstruksi”.

Novi mengungkapkan alasan mereka mengangkat judul itu karena berdasarkan data yang mereka peroleh ternyata angka kecelakaan kerja di bidang konstruksi masih cukup tinggi. Maka dari itu, keduanya sepakat mengimplementasikan data yang mereka peroleh ke dalam bentuk poster. Harapannya, dapat meningkatkan kualitas keselamatan kerja, terutama di bidang konstruksi.

“Jadi aku sama temanku sebelum bikin poster itu nyari-nyari data gitu kan, terus nemu data kalau kecelakaan kerja di bidang konstruksi masih cukup tinggi. Ya udah akhirnya kita sepakat buat angkat data tersebut untuk dibuat poster, harapannya supaya ada peningkatan kualitas dan keselamatan kerja,” ungkap Novi.

Novi juga mengungkapkan, dia dan rekannya hanya mempersiapkan lomba poster tersebut dalam waktu satu minggu saja. Meski sempat pesimis karena yang ikut lomba cukup banyak dan cakupan lomba tingkat nasional, ia bersyukur dapat mendapatkan Juara III. Selain itu, posternya juga mendapatkan predikat poster terfavorit dalam kompetisi itu.

“Dari awal agak pesimis, karena ini merupakan lomba poster bertaraf nasional yang diikuti oleh seluruh universitas di Indonesia. Tapi ternyata keberuntungan berpihak kepada kami, Alhamdulillah,” tuturnya.

Ia berharap, prestasinya tersebut tidak hanya berhenti di situ saja. Ia ingin bisa memotivasi teman-temannya yang  lain untuk mengikuti lomba dan bisa mengharumkan nama UNAIR.

“Harapannya sih, bisa ikut lomba-lomba yang lain lagi, dan semoga prestasi ini bisa memotivasi teman-teman yang lain, khususnya anak K3 Vokasi UNAIR agar bisa mengharumkan nama UNAIR,” pungkasnya. (*)

Penulis : Sugeng Andrean

Editor : Binti Q Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu