FLT Outdoor Tutup Serangkaian Kaderisasi Mahasiswa Akuakultur UNAIR Banyuwangi

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu potret kegiatan FLT Outdoor HIMAKUA PSDKU Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS FLT (Fisheries Leadership Training) merupakan kaderisasi tingkat Fakultas yang diadakan oleh HIMAKUA ( Himpunan Mahasiswa Akuakutur ) PSDKU Universitas Airlangga (UNAIR) Banyuwangi. Acara yang dilakukan selama 6 Hari setiap Sabtu & Minggu dalam kurun waktu 3 bulan, resmi berakhir dalam kegiatan FLT Outdoor pada sabtu-minggu (2-3/11) kemarin.

Kepada UNAIR NEWS Anis Nur Fadillah selaku Koordinator sie Acara FLT 2019 menjelaskan, FLT outdoor ini adalah kegiatan yang membedakan kaderisasi Prodi Akuakultur dengan kaderisasi lainya. Pasalnya, pada kegiatan FLT Outdoor, dilakukan dengan menginap selama 2 hari 1 malam yang outputnya untuk merekatkan dan menambah tingkat solidaritas angkatan dari mahasiswa baru. Tak hanya itu, sambungnya, rangkaian kegiatan dari FLT Outdoor juga melatih kepekaan mahasiswa terhadap masyarakat.

“FLT Outdoor ini merupakan ciri khas dari kaderisasi FPK, karena dilakukan dengan menginap selama satu malam yang harapanya dapat merekatkan dan menambah kesolidan angkatan mereka,” jelas Anis.

Sementara itu, Dinda Yuni selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan Outdoor pada FLT 2019 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika FLT outdoor yang ditahun sebelumnya biasa diadakan berurutan setelah acara FLT Indoor, pada FLT 2019, dilaksanakan pada akhir sebelum masa ujian semester berakhir. Hal ini, tandasnya, dilaksanakan untuk membuat FLT Outdoor menjadi Closing ceremony dari seluruh kegiatan orientasi dan kaderisasi yang ada di FPK.

“Kenapa pada FLT 2019 ini Outdoor-nya diadakan diakhir setelah mereka menjalani serangkaian PKKMB Berkelanjutan (kegiatan orientasi dari FPK Surabaya), karena kita ingin membuat Outdoor sebagai closing ceremony sekaligus sebagai media mereka untuk melepaskan jenuh setelah menempuh kehidupan baru mereka dikampus,” jelas Dinda.

Menutup perjumpaan dengan UNAIR NEWS, Dinda berharap dengan adanya FLT ini mampu menjadikan mahasiswa baru Akuakultur 2019 lebih kritis, memiliki berjiwa kepemimpinan, solutif, peka terhadap permasalahan. Selain itu, imbuhnya, dengan kegiatan itu juga membuat satu angkatan lebih kompak sehingga mampu meneruskan estafet kepemimpinan organisasi mahasiswa di tingkat fakultas.

“Harapan saya, setelah serangkain acara FLT ini berakhir angkatan mereka bisa semakin solid,semakin kompak, mereka memiliki jiwa Leadership, yang peka dan solutif terhadap permasalahan dimasyarakat dan mampu menjadi kader penerus estafet kepemimpinan di FPK,” tutup Dinda.

Penulis: Ivan Syahrial Abidin

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu