Atasi Keresahan Prospek Kerja Lulusan SKM Melalui Kuliah Alumni

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu pemateri saat memberikan paparan. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Pada era sekarang, masih banyak masyarakat yang kurang mengenal Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM). Tak terpungkiri, mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat sendiri terkadang masih ragu dan tidak yakin atas prospek kerja SKM setelah lulus. B-PHA UNAIR, Hima Kesehatan Masyarakat PSDKU Universitas Airlangga melalui divisi Career Preparation (Capre) menggelar kegiatan Kuliah Alumni. Salah satu tujuan kegiatan tersebut yaitu untuk menambah wawasan atas prospek kerja lulusan SKM.

Tahun ini, tema yang diambil yakni “To Get Success is Important, So what is You’re Prepare of Public Health Fighter and Strategy to Get Them in Industrial Revlolution 4.0”. Kegiatan tersebut sukses dilaksanakan pada hari Jum’at (01/11), di ruang sidang, Kampus Sobo PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi. Dalam kegiatan itu, terdapat dua pemateri yaitu Rachmad Ardiyanzah Pua Geno S.KM., M.A.R.S dan Meytha Nurani M.Sc.PH. Keduanya merupakan alumni FKM Universitas Airlangga.

Saat ditemui UNAIR NEWS, Desi Natalia Marpaung, ketua pelaksana kegiatan Kuliah alumni menjelaskan bahwa bentuk kegiatan tersebut yaitu sharing pengalaman pasca kuliah, menjelaskan prospek kerja SKM serta strategi menghadapi dunia kerja.

“Kegiatan kuliah alumni itu, kegiatan dimana adanya interaksi mahasiswa dengan alumninya. Nanti alumni datang ngasih motivasi dan sharing-sharing pasca dunia kampus itu seperti apa, prospek kerjanya FKM itu dimana saja dan apasih yang perlu di persiapkan dari seorang FKM di dunia kerja nantinya,” ujarnya.

Desi juga menjelaskan tujuan diadakan kuliah alumni. Selain untuk memperkenalkan prospek kerja SKM dan persiapan menghadapinya, lanjutnya, acara itu juga membuat relasi dengan alumni yang tentunya sudah sukses di bidangnya.

Pada akhir wawancara, Desi berharap, kegiatan tersebut bermanfaat bagi mahasisa untuk mempersiapkan dunia kerja setelah tahu prospek kerja SKM dan dapat membangun relasi dengan alumni.

“Harapannya semoga bermanfaat bagi teman-teman yang datang dan paling enggak ada lah ilmu yang di petik dari yang kemarin, soalnya juga kan dari pemateri banyak ngasih sharing prospek kerja SKM dan sharing pengalaman, terus apasih yang perlu dipersiapakan. Harapannya juga mahasiswa banyak relasinya, paling enggak relasi dengan pemateri dulu,” pungkasnya (*)

Penulis: Rista Novianti
Editor: Nuri Hermawan 

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu