Tingkatkan Keahlian Mahasiswa, Prodi S1 Gizi Adakan Workshop Nutrition Care Process

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Para pemateri bersama panitia saat sesi foto bersama. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Prodi S1 Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga berkomitmen untuk mencetak sarjana gizi yang unggul serta memberi manfaat bagi profesi gizi. Sabtu lalu (2/11/2019), Prodi S1 Gizi menyelenggarakan workshop bertema Basic Nutrition Care Process (NCP). Workshop Basic NCP dimulai dengan pembukaan oleh Ketua Departemen Gizi FKM UNAIR Dr. Annis Catur Adi, Ir., M.Si.

Acara diisi oleh dua narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Unjiati, S.KM., M.Kes., RD yang merupakan Ketua DPD Asosiasi Dietisien Inonesia (AsDI) Jawa Timur yang juga menjabat sebagai Kepala Instalasi Gizi RS Haji. Selanjutnya, Endah Bardiati, S.Gz yang merupakan Kepala Instalasi Gizi RS Mitra Keluarga Satelit dan alumni Prodi S1 Gizi FKM UNAIR.

Unjiati dalam paparannya menjelaskan bahwa Sarjana Gizi memiliki peran penting dalam asuhan gizi pasien, oleh karena itu harus menguasai dan memiliki keahlian melakukan Nutrition Care Prosess (NCP). Bahkan, aturan ini sudah tertulis dalam Permenkes No.26 Tahun 2013.

“Profesi gizi menjadi salah satu profesi kesehatan yang diperhitungkan karena perannya sangat besar dalam mendukung kesembuhan pasien,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan terkait screening gizi dan proses NCP / ADIME (Assessmen – Diagnosis – Intervensi – Monitoring Evaluasi). Narasumber juga menjelaskan bagaimana aplikasi NCP ini di rumah sakit. Di sesi selanjutnya, peserta melakukan workshop pengerjaan NCP langsung dengan bimbingan fasilitator yang merupakan dosen dan alumni prodi S1 gizi. Dengan adanya workshop, diharapkan peserta mendapat gambaran langsung bagaimana mengerjakan NCP pasien.

Selain mahasiswa, acara ini juga dihadiri oleh sekitar 100 orang yang merupakan ahli gizi rumah sakit, puskesmas, bahkan dosen. Bahkan saah satu peserta terjauh dari Tarakan turut hadir di acara ini.

“Harapan saya semoga acara ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan bagi yang menekuni profesi gizi untuk mendapatkan sertifikat keahlian. Apalagi saat ini Universitas Airlangga juga sedang getol meningkatkan sertifikasi keahlian lulusannya agar mampu bersaing di lingkungan kerja,” ungkap Qonita Rachmah, M.Sc selaku ketua panitia.

Penulis: Tim Ilmu Gizi

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu