OJK Teken Kerja Sama dengan UNAIR Edukasi Masyarakat Soal Jasa Keuangan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor UNAIR Prof Moh Nasih (lima dari kiri) usai tanda tangan MoU dengan Lembaga Jasa Keuangan Jawa Timur. (Foto: Aditya Gita Rohmatullah)

UNAIR NEWS – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Forum Komunikasi Lembaga Jasa Keuangan Daerah (FK-LJKD) Jawa Timur menggelar Pelatihan Literasi dan Inklusi (PETIK) di Universitas Airlangga. Pelatihan dengan peserta mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta (PTS) se Jawa Timur itu berlangsung pada Selasa (5/11/2019) di Airlangga Convention Center (ACC) UNAIR.

Pelatihan itu merupakan sinergi bersama antara akademisi dengan FK-LJKD dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat dalam mewujudkan Jatim well finance literate. Selain pelatihan, sinergi diwujudkan dengan adanya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UNAIR dengan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) Jatim.

Melalui MoU itu, LJK dapat mengikutsertakan mahasiswa pada kegiatan pelatihan, literasi dan inklusi keuangan kepada segmen masyarakat, serta keikutsertaan mahasiswa tersebut dapat diperhitungkan sebagai kegiatan akademis. Selain itu, melalui MoU tersebut, LJK juga bersedia menjadi narasumber jika diperlukan oleh UNAIR.

Atas kerja sama itu, Kepala OJK Regional Jatim Heru Cahyono mengatakan bahwa pihaknya ingin agar mahasiswa, utamanya UNAIR, bisa menjadi duta literasi keuangan. Tujuannya, bisa menyampaikan pengetahuan tentang industri jasa keuangan secara lebih luas.

“Kami berkomitmen untuk bantu pemahaman dan sharing ke mahasiswa tentang pengetahuan industri jasa keuangan. Kami harapkan karena mahasiswa punya intelektaulitas dan idealisme yang tinggi, bisa menyampaikan industri jasa keuangan ke mastarakat yang lebih luas,” ujar Heru.

Heru mengungkapkan bahwa acara PETIK keuangan di UNAIR ini adalah puncak acara kegiatan bulan inklusif keuangan oleh OJK dan FK-LJKD. Selain UNAIR, kampus yang turut serta menjalin kerja sama adalah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Kadiri, dan Universitas Negeri Jember. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).