ABC Ajak Siswa MI di Bojonegoro Cintai Lingkungan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto bersama setelah menanam tanaman bunga pada kegiatan ABC Mengajar dan Mengabdi 1.0 di Kecamatan Ngambon, Bojonegoro pada Sabtu (2/11/2019). (Dok. Panitia)

UNAIR NEWS – Mahasiswa Univesitas Airlangga (UNAIR) yang tergabung dalam Airlangga Bojonegoro Community (ABC) mengadakan pengabdian masyarakat (pengmas) sebagai salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegitan itu digagas oleh Departemen Pengmas ABC yang dikemas dalam acara Mengajar dan Mengabdi 1.0 yang diadakan di Kecamatan Ngambon Kebupaten Bojonegoro pada Sabtu (2/11/2019).

Pada acara itu, ABC melangsungkan Mengajar dan Mengabdi 1.0 di sekolah binaan yang telah beberapa tahun terakhir selalu dijadikan objek pengmas. Sekolah binaan itu adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Islamiyah Kacangan. ABC Mengajar dan Mengabdi 1.0 diikuti oleh mahasiswa UNAIR yang tergabung dalam ABC dari angkatan 2017, 2018, dan 2019.

Bintang Kumalawati selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan ABC yang selalu dilakukan sebelum Ujian Akhir Semester (UAS).

“Acara ini adalah program kerja departemen pengmas yang diselenggarakan di sekolah binaan ABC dari tahun ketahun, serta salah satu tujuan proker untuk mengimplementasikan jargon ABC yaitu bersahabat, bermanfaat, matoh pol,” ujarnya.

Kali ini, acara tersebut mengusung tema ‘Cintai Lingkunganmu untuk Masa Depan Bumi Kita’. Bintang menjelaskan, serangkaian acara Mengajar dan Mengabdi 1.0 diawali dengan penanaman bunga sebagai salah satu bentuk untuk mencintai lingkungan.

“Acara ini diawali dengan penanaman bunga oleh siswa-siswi MI yang dilakukan oleh semua kelas dari kelas satu sampai kelas enam. Tidak hanya mengajarkan untuk mencintai lingkungan saja tapi kita juga selingin dengan bermain game sehingga anak-anak tidak merasa bosan, serta memberikan materi tentang cinta lingkungan serta motivasi untuk kelas enam,” ujar mahasiswi D3 Pariwisata Fakultas Vokasi tersebut.

Bintang menuturkan, antusias siswa dan guru terhadap kedatangan ABC sangat tinggi. Hal tersebut terbukti bahwa setiap tahun kedatangan ABC selalu ditunggu-tunggu oleh para guru MI Islamiyah Kacangan.

“Semua warga sekolah menyambut dengan antusias, serta melihat antusias siswa-siswanya yang semangat jadi kita ikut semangat juga, serta siswa-siswi di sana sangat tertarik dalam mengikuti ajaran dan arahan kita, dan sangat semangat pada sesi pemberian souvenir,” ungkapnya.

Usai terselenggaranya ABC Mengajar dan Mengabdi 1.0, diharapkan dapat memberikan dampak yang besar untuk siswa-siswi MI Islamiyah Kacangan. Harapannya, mereka dapat menjaga, menghargai, merawat, dan mencintai lingkungan, baik di sekolah, rumah, atau lingkungan manapun.

“Dengan adanya acara ini, mungkin dapat membantu mereka untuk mulai membuang sampah di tempatnya, merawat tanaman yang harus diterapkan sedini mungkin. Selain itu, juga agar mereka peka terhadap persoalan lingkungan yang kini terjadi seperti membuang sampah sembarangan yang telah menjadi persoalan,” tutupnya. (*)

Penulis: Febrian Tito Zakaria Muchtar

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu