20 Mahasiswa Akuntansi UNAIR Bahas SDGs di Malaysia

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Foto bersama mahasiswa akuntasi FEB UNAIR dengan Presiden UTAR. (Foto : Istimewa)

UNAIR NEWS – Mahasiswa program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (UNAIR) mengikuti konferensi bertajuk Internasional Young Leadership Conference di Universitas Tunku Abdul Rahman (UTAR), Malaysia. Acara bertema Youth Empowerment and Inclusion in Achieving Sustainable Development Goals (SDGs) tersebut berlangsung pada Rabu (23/10/2019) hingga Minggu (27/10/2019).

Muhammad Ulil Albab Nur Farisyi atau Ulil, salah satu peserta konferensi menjelaskan bahwa sebagaimana dengan tema kegiatan, pada konferensi tersebut banyak membahas mengenai implementasi dari SDGs. Terutama terkait bagaimana cara untuk mencapai 17 tujuan pada SDGs tahun 2030 nanti.

“Saya sendiri mengikuti kegiatan ini karena tertarik dengan tema SDGs yang memang sangat perlu untuk disosialisasikan dan diimpelementasikan di Indonesia karena sangat berpengaruh bagi keberlangsungan hidup di masa yang akan datang,” jelas mahasiswa akuntansi angkatan 2017 itu.

Terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh peserta pada acara tersebut. Yaitu plenary (plneo, Red), sharing for action, learning by doing, serta diskusi antar negara. Terdapat beberapa negara yang ikut pada kegiatan tersebut, di antaranya adalah Indonesia, Filipina, Brunei Darussalam, China, dan Taiwan.

Pada kegiatan sharing for action, para mahasiswa berbagi cerita mengenai berbagai pengalaman dari orang-orang yang telah terjun ke lapangan. Sementara pada kegiatan learning by doing, mahasiswa belajar mengenai isu yang dibahas sambil praktik.

“Hal yang paling berkesan tentunya mendapat pengalaman baru, mendapat teman baru dari berbagai negara, dan mengetahui bagaimana cara berfikir orang-orang di luar negara kita,” lanjutnya.

Setidaknya terdapat 20 mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Sebanyak 12 di antaranya berasal dari angkatan 2016, enam mahasiswa dari angkatan 2017, dan dua mahasiswa dari angkatan 2018.

Setelah mengikuti kegiatan, Ulil berharap ilmu yang didapat dapat bermanfaat. Utamanya untuk membantu mencapai tujuh belas tujuan pada SDGs.

“Semoga Indonesia bisa segera mencapai target pada 17 tujuan pada SDGs, mengingat negara-negara tetangga kita sudah satu langkah di depan dalam implementasi SDGs,” pungkasnya. (*)

Penulis  : Galuh Mega Kurnia

Editor : Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu