HIMA Perpajakan Ajak Mahasiswa Pahami Kerja Lapangan Lewat Business dan Campus Visit

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
SESI penyerahan plakat seusai kunjungan ke Universitas Diponegoro Semarang. (Foto: Istimewa)
SESI penyerahan plakat seusai kunjungan ke Universitas Diponegoro Semarang. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa D3 Perpajakan UNAIR menggelar Business Visit ke wilayah Semarang dan Bandung pada akhir Oktober, Kamis (24/10/19) hingga Minggu (27/10/19). Acara itu ditujukan agar mahasiswa lebih paham mengenai seluk beluk perpajakan dalam bidang industri, perusahaan, hingga instansi pemerintah. Selain itu, peserta turut menjalani Campus Visit ke Universitas Diponegoro (Undip) untuk berbagi informasi dan diskusi mengenai program kerja HIMA.

Acara yang dihadiri oleh 80 peserta dari berbagai angkatan di D3 perpajakan tersebut mengunjungi tidak kurang empat instansi usaha baik di daerah Semarang maupun Bandung. Empat tujuan tersebut, antara lain, kunjungan studi ke PT Coca-Cola Indonesia, industri tahu susu Lembang, Tauzia Group, hingga kunjungan studi ke Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi Jawa Tengah. 

M. Rifky, salah seorang peserta, mengungkapkan bahwa Business Visit memberikan pengetahuan praktikal yang sebelumnya tidak dia dapat di kelas. “Secara keseluruhan, baik kunjungan industri maupun ke BPK, kami semakin memahami bagaimana perbedaan penerapan pajak dari tiap instansi. Ada banyak benefit yang kita dapat dari kunjungan ini,” ungkapnya.

Selain mengenal pajak, Business Visit mengajak peserta untuk mengenal lingkungan kerja serta membuka peluang mahasiswa untuk mengikuti magang-magang dan rekrutmen perusahaan. Selain itu, Selvy selaku, salah seorang penanggung jawab acara, mengungkapkan bahwa melalui acara tersebut panitia mencoba mendorong mahasiswa menumbuhkan minat mendirikan usaha.

“Dari BPK, kita belajar bagaimana mengelola keuangan negara, cara dan peluang masuk ke sana, sama silaturahmi. Di kunjungan industri minuman makanan mereka bisa tahu gimana proses pembuatan produk serta pengelolaan bisnis, marketing, serta operasional,” kata Selvy.

Sementara itu, kunjungan dan studi banding ke Undip difokuskan untuk membahas program kerja HIMA dan jurusan. Acara dibuka oleh sambutan dari Drs. Dul Muid M.Si., Akt. selaku kepala program studi perpajakan UNDIP serta Bani Alkausar S.Pn., M.S.A. selaku pembina HIMA perpajakan UNAIR.

“Campus Visit menjadi sarana pertukaran informasi antar pengurus HIMA baik UNAIR maupun UNDIP. Kami mempresentasikan program kerja serta menggelar forum group discussion (FGD). Harapannya kita dapat berbagi dan mendapat ilmu melalui pertukaran informasi tersebut,” jelas Selvy.

Pelaksanaan program Business dan Campus Visit sendiri dilatarbelakangi keinginan para mahasiswa untuk lebih mengenal dunia kerja dan suasana kampus lain. Selain itu, tuntutan mata kuliah mendorong mahasiswa untuk tidak hanya mendalami teori akan tetapi turut memahami segi praktis dari keadaan kerja lapangan. (*)

Penulis: Intang Arifia

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu