ALARM, Kenalkan Kebersihan Lingkungan Pada Anak SD

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Salah satu potret kegiatan ALARM oleh mahasiswa PSDKU UNAIR Banyuwangi. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – ALARM atau Airlangga Clean Environment merupakan salah satu event angkatan yang diusung oleh mahasiswa baru FKM UNAIR Banyuwangi. Kegiatan yang berlangsung pada akhir pekan  lalu bertempatan di SDN 2 Pakis.

Kegiatan ALARM diawali dengan senam bersama. Selanjutnya, merupakan kegiatan pemberian materi mengenai kebersihan lingkungan di dalam kelas. Usai pemberian materi, mereka langsung melakukan aksi untuk membersihkan lingkungan. Kegiatan bersih-bersih tersebut terdapat di beberapa titik, diantaranya di mushola, depan toilet, dan disekitaran halaman sekolah SDN 2 Pakis.

Saat ditemui UNAIR NEWS, Afan, selaku ketua panitia dari event angkatan tersebut, menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian mahasiswa baru angkatan 2019 untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat sejak dini mengenai kebersihan lingkungan. Disamping itu, kegiatan ini juga dapat menciptakan kenyamanan dalam proses pembelajaran di sekolah.

“Tujuan dari kegiatan ini sendiri yaitu meningkatkan kepedulian kepada masyarakat umum dengan memberikan suatu pengabdian kepada masyarakat, serta meningkatkan pengetahuan  kepada masyarakat sejak dini mengenai kebersihan lingkungan. Dalam kegiatan ini kami juga menyelipkan senam cuci tangan, agar dapat diimplementasikan kepada anak-anak SD di kemudian hari. Selain itu, dapat juga menciptakan kenyamanan dalam proses belajar mengajar di sekolah,” ucapnya.

Tentu saja dalam kegiatan ini terdapat manfaat yang bisa dipetik, khususnya untuk anak SD. Menurut Afan, manfaat dari kegiatannya sendiri bisa menciptakan lingkungan yang bersih di SDN 2 Pakis, sehingga terciptanya proses belajar mengajar yang nyaman di sekolah tersebut.

“Manfaatnya sendiri dapat menciptakan lingkungan yang bersih di SDN 2 Pakis karena action plandari FKM 2019. Selain itu dapat juga menambah ilmu pengetahuan anak-anak tentang bagaimana menjaga kebersihan lingkungan yang baik dan benar, serta menambah pengetahuan anak-anak tentang higiene diri tentang PHBS,” ungkapnya.

Diharapkan dari kegiatan ALARM ini, mampu mengimplementasikan setiap ilmu yang kami berikan dalam kehidupan anak-anak SDN 2 Pakis. Selain itu, Afan juga berharap, kegiatan sederhana ini bisa menjadi pahala jariyah yang bisa dipetik di akhirat nantinya.(*)

Penulis: Nadiyah Rahmasari

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu